Menteri Teten Beri Tanda Penghargaan dan Jasa Bakti Koperasi dan UKM untuk Kabupaten Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, memberikan Tanda Penghargaan dan Tanda Jasa Bakti Koperasi dan UKM 2024 kepada Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki. 

Penghargaan ini diserahkan pada acara puncak Peringatan Hari UMKM Nasional yang berlangsung di Hall Jakabaring Sport City, Palembang, pada Kamis (05/09).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Teten Masduki menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas dedikasi dan kontribusi signifikan Kepala Daerah, khususnya Bupati Tuban, dalam pengembangan koperasi dan UKM di daerahnya. 

Teten menekankan bahwa dedikasi ini harus menjadi contoh bagi pemimpin daerah lainnya dan menambahkan harapan agar koperasi dan UMKM dapat menjadi fondasi perekonomian nasional di masa depan.

"Komitmen Kementerian Koperasi dan UKM untuk memperkuat sektor ini melalui pendataan menyeluruh koperasi dan UMKM," jelasnya. 

Sistem Informasi Data Tunggal Koperasi dan UMKM (SIDT-KUMKM) akan memfasilitasi pemantauan berkala terhadap perkembangan dan karakteristik koperasi dan UMKM di seluruh Indonesia, serta menjadi referensi utama untuk semua program terkait KUMKM.

Setelah menerima penghargaan, Bupati Aditya Halindra Faridzki, atau Mas Lindra, mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dalam pengembangan koperasi dan UKM di Kabupaten Tuban. 

"Penghargaan ini akan memotivasi pihaknya untuk terus bekerja keras meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui koperasi dan UKM," katanya. 

Lindra juga menekankan bahwa pengembangan koperasi dan UKM di Tuban dilakukan dengan prinsip kolaborasi dan sinkronisasi program. 

Ia optimis bahwa pendekatan ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi Tuban dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program-program Diskopumdag Tuban, termasuk event-event lokal dan nasional seperti Pameran 100% Tuban, bertujuan memperkenalkan produk UMKM khas Tuban kepada masyarakat, bahkan ke pasar global. 

Kepala Diskopumdag Kabupaten Tuban, Agus Wijaya, menyebutkan arahan Bupati Tuban untuk mengoptimalkan peran koperasi dan UKM dalam perekonomian daerah, dengan berbagai program seperti Fasilitasi Kelembagaan, Fasilitasi Kemitraan, dan Peluncuran Klinik Layanan Informasi Koperasi (KLIK).

Agus juga menyoroti pentingnya keterlibatan generasi milenial dalam pengembangan koperasi melalui program Gelar Kreasi Pemuda Koperasi atau Galaksi dan pemilihan Duta Koperasi. 

Selain itu, Diskopumdag Tuban secara rutin melakukan pendataan dan pembinaan UKM serta meluncurkan Klinik UKM untuk mempermudah akses pembiayaan, perijinan, pemasaran, dan manajemen usaha. 

"Event besar seperti Pameran Dagang dan Pameran Pembangunan menjadi platform bagi UKM Tuban untuk terus berkembang dan mempromosikan produk mereka," tandasnya. [Ali/Rof]