Merajut Bisa Redakan Stres! Ini Penjelasan Owner MaFaz Creaft

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Merajut hingga saat ini, menjadi salah satu aktivitas yang banyak dikerjakan oleh masyarakat dikala waktu senggang, terutama pada saat Pandemi Covid-19 melanda Indonesia, yang mengharuskan masyarakat beraktivitas di rumah saja, Senin (16/1/2023). 

Selain dapat menghasilkan berbagai karya yang indah dan unik, ternyata aktivitas merajut juga memiliki segudang manfaat, bahkan dapat menjadi pereda rasa stress pada diri seseorang.

Hal ini, diungkapkan langsung oleh Owner MaFaz Creaft yang juga sebagai mentor dalam pelatihan merajut di Kabupaten Tuban. Menurutnya, rasa stress seseorang akan hilang, lantaran dalam merajut memerlukan konsentrasi yang tinggi, agar tidak mengalami kesalahan.

Dengan begitu, maka fokus seseorang pada saat merajut dapat menghalau gangguan atau distraksi penyebab rasa stress, sehingga aktivitas merajut sangat baik untuk menghilangkan stress.

“Sebenarnya merajut ini ada banyak sekali manfaatnya mbak, bisa mengurangi stress juga. Ada salah satu member saya itu kalau stress dia gunakan untuk merajut, dan hasilnya bisa lebih tenang katanya,” ujar Nur Chamidah, kepada blokTuban.com saat ditemui di rumah produksinya.

Baca juga:

Kelas Merajut, Cara Ibu Rumah Tangga di Tuban Berdaya dan Mandiri

Di sampinng itu, aktivitas merajut juga dapat menyembuhkan rasa trauma seseorang terhadap sesuatu. Diceritakan oleh Midah, sapaan akrabnya bahwa salah satu rekannya, mengalami phobia terhadap ketinggian, sehingga pada saat naik pesawat ia tidak bisa tidur karena merasa khawatir.

Setelah mengikuti terapi merajut, lambat laun ia sudah tidak lagi phobia terhadap ketinggian. Kondisi ini, terjadi lantaran pada saat seseorang merajut, maka posisi lengan akan melengkung, dan menciptakan perlindungan terhadap tubuh.

Menurut penelitian, gerakan ini dapat menciptakan zona nyaman dana man bagi seseorang, yang mempunyai masalah terhadap rasa cemas.

“Alhamdulillah walaupun tidak sembuh 100 persen, tapi setidaknya bisa melawan phobia ketinggian itu,” katanya.

Lebih lanjut, perempuan ramah ini bahkan juga mengatakan jika merajut juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi seseorang, yaitu dengan cara melakukan metode melakukan pekerjaan yang disukai, seperti yang disarankan oleh dokter.

“Akhirnya dia ikut member kelas merajut saya, kemudian saya berikan materi dan saya ajari. Alhamdulillah lambat laun darah tingginya juga sembuh,” pungkasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS