16 Kecamatan di Tuban Telah Memasuki Musim Hujan?

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, terhadap potensi cuaca ekstrem yang terjadi, pada peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim penghujan. 

Pasalnya, jika merujuk dari prakiraan musim hujan 2022/2023 yang telah dikeluarkan oleh, Stasiun Klimatologi Jawa Timur, beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Tuban, sudah memasuki musim penghujan, sejak dasarian III pada bulan September 2022 lalu.   

Diantaranya seperti wilayah Kecamatan Bangilan, Grabagan, Kerek, Jenu, Montong, Merakurak, Palang, Plumpang, Parengan, Rengel, Semanding, Senori, Singgahan, Soko, Tuban hingga Kecamatan Widang. 

Sementara untuk beberapa wilayah lainnya, seperti Kecamatan Bancar, Jatirogo, Kenduruan, dan Tambakboyo, diprediksi baru akan memasuki musim penghujan pada dasarian I bulan November 2022 mendatang.

“Oleh karena itu, untuk memastikan apakah wilayah-wilayah tersebut, sudah masuk musim penghujan atau belum, kita masih membutuhkan data curah hujan selama dua dasarian lagi untuk menentukannya,” Ujar Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padma kepada blokTuban.com, Jumat (7/10/2022).

Baca juga :

- Doom dan Musala Rest Area Tuban Dirobohkan

Ramalan Cuaca Tuban 7 Oktober 2022: Sebagian Wilayah Hujan Petir

- Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta

Sebab menurutnya, suatu wilayah bisa dikatakan sudah memasuki musim penghujan, harus memenuhi kriteria tertentu, yaitu apabila jumlah curah hujan dalam satu dasarian (10 hari) sama, atau lebih dari 50 milimeter dan diikuti oleh dua dasarian berikutnya.

Kendati demikian, karena saat ini wilayah Kabupaten Tuban masih dalam masa peralihan atau pancaroba, maka Zem sapaan akrabnya, menambahkan jika intensitas hujan yang terjadi masih dalam kategori ringan hingga lebat. Dengan distribusi atau penyebaran yang masih belum merata.

“Namun, nantinya intensitasnya akan cenderung menjadi sedang hingga lebat, seiring dengan masuk musim hujan menuju puncak musim hujan, yang diprakirakan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2023,” terangnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS