Musim Kemarau 2024 Diprediksi Mundur, Begini Penjelasan BMKG Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com -  Beberapa waktu belakangan ini, santer dikabarkan jika musim kemarau di Republik Indonesia pada tahun 2024 ini bakal mundur dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, termasuk di Jawa Timur. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan jika BMKG memprakirakan awal musim kemarau di Tuban terjadi pada awal Mei 2024 atau dasaruan I Mei mendatang. 

Artinya, awal musim kemarau di Kabupaten Tuban tidak ada kemunduran dari prakiraan awal.

"Mungkin pernyataan kemarau itu mundur karena minggu-minggu ini, terjadi perubahan atmosfer gelap dan hujan dibeberapa wilayah Kabupaten Tuban," terangnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Jumat (26/4/2024). 

Selain itu, Zem sapaan akrabnya, juga mengungkapkan dari hasil monitoring dasarian III bulan April atau akhir bulan April 2024, distribusi hujan di Kabupaten Tuban masih dalam kategori menengah hingga tinggi (50-200 mm). 

Kondisi tersebut, dibuktikan dengan monitoring hari tanpa hujan yang cenderung masih sangat pendek di wilayah Kabupaten Tuban. 

"Sesuai Prakiraan awal musim kemarau tuban awal Mei, begitu pula hasil prakiraan awal mei sudah masuk musim kemarau," bebernya. 

Meski begitu, masyarakat tetap diminta untuk terus waspada dan bersiap terhadap ancamam bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS