Waspada Fenomena La Nina, Wilayah Tuban dan Sekitarnya Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Stasiun Klimatologi Jawa Timur mengeluarkan press release terkait prakiraan musim dan fenomena La Nina yang terjadi di sekitar Kabupaten Tuban.

Pada bulan Oktober 2022 ini, sebagian wilayah Jawa Timur termasuk Tuban dan sekitarnya sedang mengalami masa peralihan atau pancaroba. Yaitu peralihan musim kemarau ke musim penghujan serta bagian wilayah lainnya telah memasuki musim penghujan.

"Pada masa ini, potensi hujan dapat terjadi pada pagi, siang, sore atau malam hari dengan intensitas bervariasi mulai dari ringan, sedang hingga lebat dengan disertai petir dan angin kencang sesaat," pernytaan tertulis Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo, Taufik Hermawan, Rabu (5/10/2022).

Saat ini, atmosfer di beberapa wilayah Jawa Timur sedang mengalami fenomena La Nina namun dengan intensitas lemah. Serta aktifnya gelombnag atmosfer Equatorial Rossby di sekitar Jawa Timur. 

Informasi yang disampikan Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo yaitu suhu permukaan laut di perairan Jawa Timur masih hangat dengan anomali antara +1.0 s/d +3.0 ºC (gambar 3). Sehingga suplai uap air akan semakin banyak di atmosfer. 

"Kondisi tersebut mempengaruhi  pembentukan awan–awan Cumulonimbus yang semakin intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung dan hujan es," tambahnya. 

Bagi masyarakat, Taufiq menghimbau melakukan persiapan menghadapi musim penghujan. Diantaranya dengan membersihkan saluran irigasi atau sungai, memangkas pohon yang lapuk, menertibkan baliho semipermanen dan sebagainya.

"Serta selalu waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir, banjir bandang, angin kencang, pohon tumbang dan tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi di Jawa Timur," pungkasnya.

Beberapa wilayah di Jawa Timur yang patut waspada berpotensi terjadi cuaca ekstrem diantaranya: Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Kab. Dan Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kab. dan Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. dan Kota Blitar, Kab. dan Kota Kediri, Kab. dan Kota Malang, Batu, Kab. dan Kota Pasuruan, Kab. dan Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS