Bupati Tuban Berangkatkan Kirab Pataka "Jer Basuki Mawa Beya" Menuju Lamongan

Reporter       : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, yang diadakan secara estafet ke seluruh penjuru Kota/ Kabupaten yang ada di Jawa Timur (Jatim), sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Jatim Ke-77 tahun. Telah singgah selama satu malam di Pendopo Kridha Manunggal Kabupaten Tuban, sejak Senin (4/10/2022) kemarin. 

Diketahui, Bendera Pataka Basuki Mawa Beya sendiri merupakan lambang dari Provinsi Jatim. Pada pelaksanaan upacara pemberangkatan, yang diikuti oleh Sekretaris Daerah Tuban, Staf Ahli Kabupaten Tuban, Asisten Prekonomian  Forkopimda Kabupaten Tuban, segenap Kepala OPD Kabupaten Tuban beserta jajarannya, serta para peserta dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Tuban. 

Baca juga: Warga dan Pelajar Tuban Antusias Saksikan Pelepasan kirab Pataka ke Lamongan

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, memberangkatkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya di halaman Pendopo Kridha Manunggal Tuban. Untuk selanjutnya, dikirab menuju Taman Sleko dengan diiringi oleh sejumlah paskibraka, drumband dan juga barongsai.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Pataka Jer Basuki Mawa Beya saya nyatakan resmi untuk diberangkatkan," Ujar pria yang akrab disapa Mas Bupati itu, saat memberangkatkan Kirab Pataka, Selasa (4/10/2022).

Tak hanya Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya saja, terdapat empat bendera lain yang diarak dalam kirab tersebut, seperti Pataka Satuan Polisi Pamong Praja (Praja Wibawa), Pataka Satuan Perlindungan Masyarakat, Pataka Satuan Pemadam Kebakaran (Yudha Brama Jaya), serta Pataka Logo Hari Jadi Ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak ratusan masyarakat berantusias untuk melihat berbagai aksi yang ditampilkan oleh para Siswa-siswi dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Tuban. Bahkan, disejumlah jalan juga terlihat siswa-siswi Kabupaten Tuban, mengiringi pelepasan Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya, di pinggir jalan  dengan membawa atribut berupa bendera. 

Baca juga: Potret kirab Larung Sesaji di Tuban, Ada Kepala Sapi hingga Bekakak

Lebih lanjut, selain menjadi Perayaan Hari Jadi Provinsi Jatim, kegiatan ini juga sebagai momentum untuk membangkitkan semangat serta menginspirasi masyarakat yang ada di Jatim, sehingga bisa bangkit dengan optimis. Seperti slogan  yang digemakan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yaitu Optimis Jatim Bangkit.  

Untuk diketahui, Bendera Pataka terlebih dahulu telah dilepas oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di gedung Grahadi Surabaya pada 16 September 2022 lalu, dan akan dikirab ke 38 Kota/Kabupaten se-Jatim, hingga 11 Oktober 2022 mendatang dan berakhir di Surabaya, untuk dikibarkan dalam upacara peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim, setelah menempuh jarak kurang lebih  1.900 km. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS