Senangnya Anak di Pelosok Tuban Dapat Mengakses Buku Lewat Perpustakaan Keliling

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Anak-anak di pelosok Kabupaten Tuban kini dapat membaca buku bacaan sesuai yang diinginkannya lewat perpustakaan keliling. Mereka tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke kantor Perpusda di Jalan Sunan Kalijaga Tuban. 

Melalui perpustakaan keliling, terdapat 500 judul buku yang disediakan pihak Perpusda Tuban untuk anak-anak di pelosok Tuban. Diantaranya yang beruntung disinggahi perpustakaan keliling yaitu, pelajar RA se-Kecamatan Soko.

Di mana sebelumnya, Perpustakaan Tuban telah bekerjasama dengan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kecamatan Soko. Kegiatan tersebut bertempat di Musala Manbaul Islam, Desa Sokosari, Kecamatan Soko.

Diketahui, layanan Mobil Dongeng Keliling (Modeling) yang rutin digelar setiap dua pekan sekali. Kabid Perpustakaan Dispersip Tuban, Susi Sulastri, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu inovasi unggulan dari Perpusda Tuban. 

"Dengan membuat layanan jemput bola khususnya di daerah-daerah yang cukup jauh dari jangkauan perpustakaan, diharapkan bisa lebih meningkatkan minat baca anak," ujarnya kepada media, Selasa (4/10/2022). 

Baca juga :

- KKN, KTM, dan Buku Perpustakaan Picu Demo Mahasiswa IAINU Tuban

Perpustakaan Tuban Buka Jam Malam Bagi Pembaca Buku, Simak Jadwal Terbarunya

- 7 Ahli Waris Lahan Milik Hj. Sholihah di Tuban Bakal Gugat Data Buku C Desa ke Pengadilan

Susi menyebutkan, ada lebih dari 500 judul buku yang telah disortir dan disesuaikan dengan tema bacaan anak dalam mobil layanan perpustakaan tersebut. Layanan ini juga lebih dikenal dengan Modeling, karena selain membaca juga ada cerita tutur dalam bentuk dongeng yang merupakan inovasi dari Dispersip Tuban sejak tahun 2019.

"Minat baca anak sudah luar biasa, khususnya ketika ada buku baru selalu ingin segera membaca, meskipun beberapa dari mereka masih belum bisa baca. Harapan saya agar setiap RA yang ada di Kecamatan Soko punya perpustakaan sendiri. Sebab, memfasilitasi keinginan anak untuk membaca tidak perlu menunggu kunjungan dari Perpusda Tuban," terang Wakil Ketua IGRA Kecamatan Soko, St. Rofi'ah. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS