1.150 CJH Tuban Siap Berangkat ke Tanah Suci, Jemaah Tertua Berusia 93 Tahun
Reporter      : Savira Wahda Sofyana 
 
blokTuban.com - Sebanyak 1.150 Calon Jemaah Haji (CJH) tahun 2024 asal Kabupaten Tuban, rencananya akan diberangkatkan pada bulan Mei 2024 mendatang. Oleh karena itu, berbagai persiapan telah dilakukan oleh sejumlah pihaknya, salah satunya dengan menggelar bimbingan manasik haji massal. 
 
Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Umi Kulsum mengatakan saat ini administrasi dan pasporing CJH Kabupaten Tuban mencapai hampir 100 persen. Jumat (26/4/2024). 
 
"Kemudian bio bisa juga sudah hampir 100 persen," paparnya. 
 
Selain administrasi, persiapan yang wajib dilakukan yaitu vaksin meningitis. Dimana, vaksin ini dijadwalkan akan dilakukan mulai 24 April hingga 30 April 2024 di masing-masing puskesmas terdekat. 
 
Dimana, vaksin meningitis ini sendiri merupakan jenis vaksin khusus untuk mencegah virus meningitis, seperti peradangan pada selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang. 
 
"Nanti vaksin meningitis bisa didapatkan di puskesmas masing-masing dan dilakukan langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban," jelasnya. 
 
Lebih lanjut, Umi sapaan akrabnya menambahkan, dari 1.150 CJH yang akan terbang ke tanah suci tahun ini, terdapat jemaah dengan umur tertua yaitu 93 tahun asal Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Sementara jemaah haji termuda yang berangkat tahun ini, berusia 19 tahun. 
 
"Total jemaah kita yaitu 1.165, termasuk dengan pembimbing dan pendamping KBIHU. Jemaah yang tertua saat ini berusia 93 tahun dan alhamdulilah beliau masih sangat sehat sekali," imbuhnya. [Sav/Dwi]
 
 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS