Doom dan Musala Rest Area Tuban Dirobohkan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Proyek revitalisasi Rest Area Tuban yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, sejak awal bulan September 2022 lalu, saat ini tengah memasuki babak baru. 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, bangunan lama yang sebelumnya digunakan untuk berdagang oleh para penyewa sejak dibangun pada tahun 2013 lalu, kini mulai rata dengan tanah sejak beberapa hari terakhir ini. 

Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Kepala Bidang Tata Ruang Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PUPR-PRKP) Kabupaten Tuban, Andi Setiawan, mengatakan bahwa saat ini, revitalisasi tersebut sudah masuk ke dalam tahap pembongkaran bangunan.

"Saat ini tahap pembongkaran bangunan-bangunan lama. Untuk kios yang berada di sebelah timur juga sudah rata," ujarnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Jumat (7/10/2022). 

Menurutnya, pada minggu ini proses pembongkaran sudah menyentuh wilayah Doom dan musala yang ada di lingkungan tersebut. Setelah dibongkar total, selanjutnya akan dilakukan pemasangan mini pile untuk pondasi. 

Pemasangan mini pile atau tiang pancang ini sendiri, bertujuan untuk menguatkan pondasi pada bangunan baru, yang rencananya selesai pada bulan Desember 2022 mendatang. 

"Tahap selanjutnya, akan dilakukan pemasangan atau pemancangan minipile untuk pondasi," sambungnya.

Lebih lanjut, untuk bangunan baru nantinya, akan sedikit mirip dengan bangunan lama. Hanya saja, akan ada beberapa perubahan fungsi, seperti halnya ruang untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pelaku ekonomi kreatif, serta akan ada tempat yang difungsikan untuk menampilkan bakat dari para masyarakat. 

Dengan adanya revitalisasi ini, maka Pemkab berharap agar nantinya, kawasan yang selama ini diketahui mati suri dapat hidup kembali dengan kegiatan-kegiatan yang bisa diwadahi dalam bangunan Rest area yang baru nanti. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS