Holcim Gunakan Lahan Perhutani 469,7 Hektar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pabrik Semen Holcim yang merupakan pabrik semen terbesar kedua di Tuban ternyata menggunakan lahan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tuban yang cukup luas, bahkan mencapai ratusan hektar yang digunakan. Pernyataan tersebut disampaikan Humas (KPH) Tuban, Sueb.

Dia mengatakan, bahwa lahan yang digunakan Holcim untuk pembangunan pabrik ataupun untuk operasional produksi semen luasnya mencapai 469,7 Hektar dan lahan tersebut dari perhutani, namun dengan status tukar guling.

"Status lahan yang digunakan holcim adalah tukar guling, lahan yang dijanjikan berada di Gondang tapen Blitar, namun belum terselesaikan prosesnya, tukar guling dengan perbandingan 1 banding 2 untuk KPH Tuban" terang Sueb.

Selanjutnya sueb menjelaskan, lahan yang dipakai tersebut tepatnya berada di Bagian kesatuan pemangkuan hutan (BKPH) Kerek, Petak 1-10 RPH Gaji. Sekarang lahan tersebut sudah digunakan operasional pabrik semen asal Swiss tersebut.

"Kita belum tahu kapan tukar guling lahan akan selesai, yang jelas itu sudah menjadi kewajiban Holcim untuk menggantinya," pungkasnya.[nok/ito]