Tanaman Spesifik, Harus Dikembangkan di Daerah Lain

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pengembangan kawasan agropolitan atau kawasan pertanian yang tumbuh dan usaha agribisnis di Kabupaten Tuban potensial lantaran memiliki tanaman spesifik. Seperti yang digadang Pemkab Tuban yakni belimbing tasik madu asal Kecamatan Palang dan duku prunggahan dari Kecamatan Semanding.

Diberitakan sebelumnya, sejauh ini agropolitan dikembangkan di Kecamatan Semanding dan Palang. Lantaran memiliki tanaman spesifik, yang merupakn ciri daerah. Yaitu belimbing madu dan duku prunggahan.

"Adanya kawasan agropolitan tersebut, nantinya dijadikan icon (ciri khas) Tuban. Selain dikenal akan siwalan dan minuman legen ataupun bentuk lainnya." kata Kepala Kelembagaan dan Ketenagaan dari Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kabupaten Tuban, Aris Yulisetiyanto, Kamis (14/4/2016).

Menanggapi gagasan tersebut, Camat Plumpang, Sudarmaji mengapresiasi dibentuknya kawasan agropolitan tersebut. Kendati demikian, perlu dikembangkan potensi agrobisnis di kecamatan lain, tidak terkecuali Kecamatan Plumpang.

"Memang sementara ini Kecamatan Plumpang belum menonjol spesifik holtikulutura. Akan tetapi lahan di sini (Kecamatan Plumpang) bagus untuk bercocok tanam," kata Sudarmaji, Kamis (14/4/2016).

Lahan di salah satu desa di Kecamatan Plumpang, kata Sudarmaji, seperti Dusun Geger, Desa Magersari mampu menghasilkan buah melon, semangka dan blewah yang terkenal kelezatannya. "Tetapi, hingga saat ini ketiga buah tersebut, merupakan tanaman musiman yang ditanam di sela-sela musim tanam sepanjang tahun," Pungkas Sudarmaji.[dwi/ito]