Tuban Digadang Jadi Kawasan Agropolitan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Perkembangan pertanian terbilang cukup bervariasi tersebar di Kabupaten Tuban. Hal ini mendasari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban yakin akan mengembangkan potensi agropolitan.

Sejauh ini menurut Kepala Kelembagaan dan Ketenagaan dari Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kabupaten Tuban, Aris Yulisetiyanto agropolitian mungkin dikembangkan di Tuban. Lantaran mayoritas lahan di Tuban baik untuk bercocok tanam.

"Agropolitan sedang dikembangkan. Sehingga nantinya Tuban punya produk spesifik yang merupakan keunggulan daerah," kata Aris kepada blokTuban.com, Kamis (14/4/2016).

Untuk jenis tanaman agropolitan yang hendak dikembangkan merupakan tanaman holtikultura. Akan tetapi masih buah yang menjadi primadona unggulan daerah.

"Tanaman spesifik dapat dijadikan ciri suatu daerah. Seperti di Tuban terdapat belimbing madu, duku, jambu biji dan siwalan yang sekarang dikembangkan," tambahnya.

Diketahui, agropolitan seperti halnya kota pertanian yang tumbuh dan berkembang karena berjalannya sistem dan usaha agribisnis. Selain itu mampu melayani, mendorong, menarik, menghela kegiatan pembangunan pertanian (sektor usaha pertanian dalam artian luas) di wilayah sekitarnya.[dwi/ito]