Terverifikasi, 21.647 Keluarga Terima Bantuan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jumlah Keluarga Sangat Miskin (KSM) penerima bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahap pertama mencapai 21.647 Keluarga.

Pada triwulan di tahap pertama, jumlah KSM penerima dana PKH seharusnya 23.174. Akan, tetapi setelah dilakukan verifikasi dan entry data menunjukkan 21.647 eligible atau layak menerima bantuan.

Diterangkan operator PKH Kabupaten Tuban, Agung Waluyo, untuk mendapat dana PKH tersebut memiliki beberapa kriteria. Menjadi ibu hamil atau menyusui dan memiliki anak usia di bawah enam tahun menjadi syarat utama. Kemudian datang dari golongan keluarga kurang mampu dan aktif di fasilitas kesehatan.

"Data yang tercatat di program berdasarkan validasi dan dimutakhir pendamping PKH di tiap kecamatan. Meski keluarga mereka punya barcode atau nomor PKH tapi tidak memenuhi syarat dan merupakan KSM tetap tidak mendappat dana bantuan," kata Agung.

Setiap kali tahapan pencairan, jumlah KSM penerima bantuan bisa naik dan turun. Sebab, setiap kali dilakukan verifikasi pencairan ditemukan beberapa KSM pindah alamat, sudah bukan golongan KSM, meninggal dan alamat tidak ditemukan.[dwi/ito]