Gaji Rendah, Sebabkan Kekurangan Dokter

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Puskesmas di Bumi Wali, masih kekurangan tenaga yang cukup banyak, diantaranya masih memerlukan delapan tenaga dokter umum dan enam dokter gigi. Pernyataan kekurangan tenaga dokter tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi.

Dia mengatakan, bahwa saat ini Puskesmas di Tuban membutuhkan 14 tenaga dokter, yang terdiri dari dokter umum dan dokter gigi, namun untuk mendapatkan tenaga kesehatan tersebut tidak mudah, karena ada masalah dalam anggaran.

"Anggaran untuk gaji dokter masih sangat minim, padahal sekolahnya kan sangat mahal," kata Saiful hadi kepada blokTuban.com

Selanjutnya, Alumnus FK Unair tersebut menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Tuban saat ini hanya mampu membayar tenaga dokter sebesar 2.050.000 per bulannya, oleh sebab itu belum ada dokter yang mengajukan lamaran. Padahal lamaran juga sudah dibuka. Tapi sudah diusulkan untuk tahun 2017 gaji honorer dokter akan disamakan dengan RS Swasta.

"Diusulkan sekitar 4 juta, dan itu sudah disepakati oleh Bupati dan Wakil Bupati Tuban, dengan diusulkannya gaji honorer dokter tersebut nantinya diharap Tuban tidak kekurangan dokter," pungkasnya.

Diketahui Puskesmas yang kekurangan dokter adalah Puskesmas Jatirogo membutuhkan sebanyak empat dokter, sedangkan untuk Puskesmas Bancar, Bangilan, Singgahan, dan Montong membutuhkan membutuhkan masing-masing satu dokter.[nok]