Dua Kecamatan Potensial Agropolitan Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Itikad Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam mewujudkan sebagai kawasan agropolitan mulai dilakukan. Sejauh ini terdapat dua kecamatan yang dipandang potensial untuk dikembangkan.

Kedua kecamatan ini memiliki keunggulan tanaman holtikultura yang cukup mashur. Yakni Kecamatan Palang dengan belimbing madu atau tasik madu dan di Kecamatan Semanding merupakan penghasil duku prungguhan yang tidak kalah terkenal.

"Sejauh ini dikembangkan di Kecamatan Semanding dan Palang. Lantaran memiliki tanaman spesifik, yang merupakn ciri daerah. Ysitu belimbing madu dan duku prunggahan," kata Kepala Kelembagaan dan Ketenagaan dari Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kabupaten Tuban, Aris Yulisetiyanto, Kamis (14/4/2016).

Adanya kawasan agropolitan tersebut, kata Aris nantinya dijadikan icon Tuban. Selain dikenal akan siwalan dan minuman legen ataupun bentuk lainnya.

"Kecamatan lain juga memliki keunggulan spesifik seperti bengkoang di Kecamatan Parengan dan Kecamatan Kenduruan terkenal buah duren yang bahkan sudah dapat dinikmati buahnya," kata Aris menambahkan.

Dalam perkembangan, lanjut Aris, varietas duren montong di Kecamatan Kenduruan. Karena agroklimat atau berkaitan dengan interaksi antara faktor iklim dan pertanian serta suhu mendukung untuk dilakukan pengembanan.[dwi/ito]