Festival Panen Hasil Belajar: Puncak Perayaan Guru Penggerak Angkatan 10 di Tuban

Oleh : Ikhwan Fahrudin

blokTuban.com - Lokakarya 7 dengan tema “Festival Panen Hasil Belajar” telah sukses digelar sebagai bagian dari rangkaian Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 10 Kabupaten Tuban pada 27 Oktober 2024.

Ada 134 calon guru penggerak (CGP) dan 20 pengajar praktik (PP) dari naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan 14 pengajar praktik (PP) dan 41 calon guru penggerak (CGP) dalam naungan Cabang Dinas Pendidikan Bojonegoro Tuban yang terlibat aktif dalam event akhir PGP angkatan 10 ini. 

Selain itu hadir dalam kegiatan ini fasilitator, kepala sekolah, organisasi profesi guru, komunitas, MKKS, guru lain, dan pemerintah kabupaten tuban yang dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Cabang Dinas Pendidikan Bojonegoro Tuban, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini mengumpulkan para CGP dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban untuk memamerkan hasil belajar selama pendidikn, mempresentasikan pencapaian, unjuk karya, pengukuran koordinator, dan pengalaman inovatif mereka dalam mendukung transformasi pendidikan di sekolah masing-masing. 

Dalam acara yang berlangsung penuh semangat ini, para peserta berbagi cerita inspiratif tentang perubahan nyata yang telah mereka lakukan selama program.

Kepala Dinas Pendidikan Abdul Rakhmat menyampaikan pujian atas kerja keras para peserta. 

“Panen hasil belajar ini adalah bukti nyata bahwa guru-guru Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan di dunia pendidikan. Kami sangat bangga dan berharap praktik-praktik baik yang dihasilkan dapat terus berlanjut demi masa depan pendidikan yang lebih baik,” ungkapnya.

Selain itu, perwakilan dari BBGP Jawa Timur, Agung Samudra Wibawa, menekankan pentingnya keberlanjutan dari capaian para guru. 

“Lokakarya ini bukan hanya selebrasi pencapaian, tetapi juga langkah strategis dalam menanamkan inovasi yang berkelanjutan di sekolah-sekolah. Kami di Balai Besar Guru Penggerak sangat mendukung inisiatif dan komitmen para Guru Penggerak dalam mengimplementasikan metode pembelajaran yang berdampak positif.”

Sedangkan Maskun dari Cabang Dinas Pendidikan Bojonegoro Tuban memberikan pesan berharga untuk terus bergerak dan menggerakkan demi terwujudnya pendidikan yang semakin maju, saat sambutan di Pendopo Manunggal Krida Tuban.

Ketua panitia pelaksana, Joko Sutopo merasa sangat terhormat dan bangga dapat menyambut Bapak/Ibu sekalian dalam acara yang istimewa ini. 

Panen Karya ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang telah kita laksanakan bersama, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas kerja keras dan dedikasi para guru penggerak dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas di bidang pendidikan.

Kegiatan berlangsung meriah dan mewah, berkat kolaborasi dari semua tim BBGP, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro-Tuban, khususnya Bapak dan ibu PP angkatan 10 yang sangat kompak berkolaborasi, saling melengkapi. 

Para CGP yang memiliki dedikasi tinggi, dan dukungan dari para undangan, semua keren, ujar guru SMAN 1 Montong Tuban ini.

Acara ini ditutup dengan berkunjung ke stand CGP dengan apresiasi hasil karya belajar guru dan siswa, pengukuhan coordinator angkatan 10, sesi diskusi interaktif, di mana para guru saling bertukar ide dan inspirasi untuk memperkuat implementasi inovasi pembelajaran. (*)