Evakuasi Dramatis, Sapi Tercebur Sumur di Tuban Berhasil Diselamatkan Setelah 3 Jam

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Seekor sapi milik Sugeng, seorang petani dari Dusun Krajan, Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, terjebak di dalam sumur dengan kedalaman sekitar 10 meter pada Jumat, 25 Oktober 2024. 

Kejadian ini pertama kali dilaporkan Sugeng kepada Pos Pemadam Kebakaran Jatirogo pada pukul 17.45 WIB, memohon bantuan untuk mengevakuasi sapinya yang tercebur ke dalam sumur.

Menerima laporan tersebut, tim dari Pos Pemadam Kebakaran Jatirogo, di bawah koordinasi Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban melalui Kabid Damkar, Sutaji, bergerak cepat. 

"Tim segera berkoordinasi dengan tim damkar dari Mako Tuban dan tim damkar Singgahan untuk memastikan kesiapan alat dan personel," katanya, Sabtu (26/10/2024). 

Pada pukul 20.00 WIB, tim damkar dari Pos Jatirogo, Singgahan, dan Mako tiba di lokasi kejadian di Dusun Krajan RT 03 RW 02. 

Sesampainya di lokasi, tim segera mempersiapkan peralatan serta strategi evakuasi bersama warga sekitar. 

"Proses evakuasi tidak berjalan mudah. Medan yang sempit dan kedalaman sumur memperlambat proses penyelamatan, yang akhirnya memakan waktu sekitar tiga jam," imbuh mantan Camat Bancar itu. 

Setelah melalui upaya yang panjang dan rumit, pada pukul 23.50 WIB, tim bersama warga berhasil mengevakuasi sapi tersebut dengan selamat. Setelah memastikan situasi aman, tim damkar meninggalkan lokasi.

"Peristiwa ini menjadi pelajaran penting akan perlunya pengawasan ekstra terhadap hewan ternak di dekat area berbahaya seperti sumur," pungkasnya. [Rof/Ali]