Dua Operator Alat Berat Tewas Tertimpa Longsoran di Tambang Batu Kapur Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.comTambang batu kapur di Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, memakan korban jiwa. Dua orang operator alat berat dilaporkan tewas tertimpa longsoran batu kapur pada Kamis (24/10/2024) sekitar pukul 15.00 WIB.

Identitas kedua korban adalah Mustakim Sidik (38), warga Desa Banjarjo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, dan Andi Setiawan (42), warga Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Kejadian bermula saat keduanya sedang memecah batu kapur di atas tebing menggunakan alat berat jenis excavator.

Kapolsek Grabagan, IPTU Sampir Santoso, menjelaskan bahwa sebelum insiden terjadi, kedua korban sempat bergeser untuk naik kembali ke atas tebing. “Kemudian, keduanya bergeser untuk naik lagi di atas tebing,” ungkap IPTU Sampir Santoso.

Namun, naas menimpa keduanya. Tiba-tiba terdengar suara retakan dari atas tebing, diikuti longsoran batu kapur yang langsung menimpa kedua alat berat yang dioperasikan para korban. Rekan-rekan korban yang menyaksikan peristiwa tersebut segera melakukan evakuasi.

Polisi yang menerima laporan langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan meminta keterangan dari sejumlah saksi mata. “Selanjutnya jasad korban langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan visum,” pungkas IPTU Sampir.

Kejadian ini menambah daftar insiden di area tambang yang kerap kali memakan korban jiwa, terutama karena risiko tanah longsor di sekitar lokasi penambangan. [Dwi]