Teknologi dan Potensi Lokal Bersinergi di Jatim Digifest, Tuban Jadi Tuan Rumah

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhi Karyono, secara resmi membuka Jatim Digifest 2024 pada Selasa malam (22/10) di GOR Rangga Jaya Anoraga, Kabupaten Tuban. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari hingga Kamis (24/10). 

Jatim Digifest 2024 digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan tujuan mempercepat transformasi digital di seluruh sektor pelayanan publik dan pemerintahan.

Hadir dalam pembukaan acara tersebut antara lain Bupati dan Walikota se-Jawa Timur, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur, jajaran Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, serta para tamu undangan dari berbagai institusi.

 

Mendorong Transformasi Digital di Jawa Timur

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustus, menyatakan bahwa Jatim Digifest 2024 merupakan ajang penting dalam mendorong Jawa Timur menjadi provinsi dengan digitalisasi yang lebih maju dan terintegrasi. 

"Festival ini menunjukkan komitmen kuat Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh kabupaten/kota dalam mempercepat transformasi digital, baik di sektor administrasi pemerintahan maupun pelayanan publik," ungkap Sherlita.

Acara ini juga menjadi wadah bagi para inovator, pelaku industri, dan masyarakat umum untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait perkembangan dunia digital. Beragam acara digelar, mulai dari peluncuran Majapahit Digital, portal layanan digital Pemprov Jatim, hingga pameran inovasi layanan publik.

 

Ragam Acara dan Penghargaan

Jatim Digifest 2024 menyajikan berbagai acara menarik, seperti turnamen E-Sport, workshop untuk UMKM digital dan content creator, hingga kompetisi junior hacker. Selain itu, penghargaan bergengsi seperti Satu Data Award dan Jatim Public Relations Award turut memeriahkan acara ini.

Sherlita menambahkan, festival ini juga menjadi bagian dari upaya mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045 dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai penggerak utama kemajuan di berbagai sektor.

 

Kabupaten Tuban Mendukung Transformasi Digital

Pjs Bupati Tuban, Agung Subagyo, menyatakan bahwa Kabupaten Tuban siap mendukung penuh transformasi digital yang diinisiasi oleh Pemprov Jatim. Ia berharap, melalui acara ini, seluruh peserta dapat mengambil manfaat untuk mendorong inovasi digital yang berkelanjutan dan memajukan potensi lokal.

"Kami siap mendukung komitmen transformasi digital ini, karena teknologi adalah kunci untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045," jelas Agung.

 

Apresiasi dari Pj Gubernur Jatim

Pj Gubernur Jawa Timur, Adhi Karyono, memberikan apresiasi atas terselenggaranya Jatim Digifest 2024. Menurutnya, acara ini menjadi bukti nyata dari upaya transformasi digital yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ia juga menekankan pentingnya layanan publik berbasis digital yang mudah diakses oleh masyarakat.

"Kami baru saja meluncurkan Majapahit Digital, sebuah portal terpadu layanan publik digital yang diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih efisien dan terintegrasi," ujar Adhi.

Dengan adanya acara ini, Adhi optimis bahwa Jawa Timur akan semakin maju dalam pengembangan layanan publik berbasis digital. 

"Saya yakin, Jatim Digifest 2024 ini dapat mendorong kualitas pelayanan publik di Jawa Timur menjadi lebih baik dan berdampak langsung pada masyarakat," tegasnya.

Acara ini ditutup dengan penampilan musik dari band GildCoustic, yang sukses menghibur masyarakat Tuban dengan sejumlah lagu andalan. [Rof/Ali]