Korban Gantung Diri di Tuban Sempat Dirawat di Rumah Sakit Sebelum Pulang Paksa

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

DISCLAIMER: Informasi di bawah ini tidak ditujukan untuk menginspirasi siapapun melakukan tindakan serupa. Bila anda merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan ke pihak-pihak yang dapat membantu, seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental terdekat. 

blokTuban.com - Warga Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, digemparkan oleh penemuan seorang pria meninggal dunia dengan kondisi gantung diri di sebuah rumah kosong di Gang Gereja, RT 02/RW 04, Rabu (16/10) malam. 

Korban diketahui bernama Darmani (58), warga sekitar yang sudah lama menderita penyakit paru-paru dan jantung.

Kapolsek Tuban, AKP Budi Friyanto, SH, yang berada di lokasi kejadian menjelaskan bahwa sebelum kejadian, korban berpamitan kepada saksi bernama Andriyanto pada sekitar pukul 18.00 WIB, dengan alasan hendak jalan-jalan mencari angin. 

Sekitar pukul 19.15 WIB, saksi lain, Supriyono, yang kebetulan melintas di lokasi, melihat korban dalam posisi tersandar di pintu pagar rumah kosong dengan tali nylon melilit lehernya. Korban sudah tidak bergerak saat ditemukan.

"Saksi Supriyono segera memberitahukan warga sekitar dan melaporkan kejadian ini ke Polsek Tuban," jelas AKP Budi.

Setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan identifikasi, polisi menyimpulkan bahwa korban sudah meninggal dunia dengan tali nylon masih menjerat lehernya. 

Tidak ditemukan tanda-tanda bekas penganiayaan di tubuh korban, meski kaki korban terlihat bengkak dan ditemukan dua batu kumbung di bawah kakinya. Berdasarkan kondisi tersebut, diduga kuat korban meninggal akibat gantung diri.

Pihak keluarga korban juga mengonfirmasi bahwa Darmani memiliki riwayat penyakit paru-paru dan jantung yang sudah dideritanya selama tiga tahun. 

Bahkan, sehari sebelum kejadian, korban sempat dirawat di RS Medika Mulia namun memilih pulang paksa sebelum kondisinya benar-benar pulih.

"Jenazah korban telah dibawa ke RSUD Dr. Koesma Tuban untuk pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya. 

Dari hasil pemeriksaan medis, dugaan sementara menunjukkan bahwa korban memang meninggal akibat gantung diri. Polisi masih terus menyelidiki lebih lanjut guna memastikan penyebab pasti kejadian ini. [Rof/Ali]