Gempa M3,8 di Laut Timur Laut Tuban Terasa di Bawean

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Gempabumi tektonik dengan magnitudo 3,8 mengguncang wilayah Tuban dan sekitarnya pada Jumat, 18 Oktober 2024, pukul 15.26 WIB. 

Berdasarkan analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempabumi ini berada di laut pada koordinat 5.79° LS dan 112.44° BT, tepatnya 130 kilometer arah Timur Laut Tuban, dengan kedalaman 4 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika (Stageof) Pasuruan, Rully Oktavia Hermawan, menjelaskan bahwa berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi ini tergolong jenis gempabumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif di kawasan tersebut.

Guncangan dari gempabumi ini dirasakan di Bawean dengan skala intensitas II MMI (Modified Mercalli Intensity), yang berarti getarannya hanya dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung tampak bergoyang. 

"Hingga saat ini, tidak ada laporan kerusakan akibat gempabumi tersebut," katanya. 

BMKG melaporkan bahwa hingga pukul 16.00 WIB, belum ada aktivitas gempabumi susulan yang terdeteksi. 

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"BMKG juga mengingatkan agar warga menjauhi bangunan yang rusak atau retak akibat gempa serta memastikan kondisi bangunan tempat tinggal aman sebelum kembali ke dalam rumah," tandasnya. [Rof/Ali]