Fungsi Intelijen Dikerahkan dalam Distribusi Logistik Pemilu di Tuban

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban Tahun 2024 tiba di Gudang KPU Kabupaten Tuban, Jl. Manunggal, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding pada Kamis (24/10/2024) pukul 20.09 WIB. 

Surat suara tersebut berjumlah 966.437 lembar yang dikemas dalam 484 boks, serta 1 boks tambahan yang berisi 2.000 lembar surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Proses bongkar muat surat suara ini diawasi ketat oleh perwakilan dari Bawaslu, TNI, dan Kepolisian, guna memastikan kelancaran dan keamanan logistik pemilu. 

Kapolres Tuban, AKBP Oskar Syamsuddin, bersama Ketua KPU Kabupaten Tuban, Zakiyatul Munawaroh, turut hadir untuk melakukan pengecekan terhadap pengamanan logistik pemilu di gudang tersebut. 

Kehadiran Kapolres didampingi oleh Wakapolres, Kompol Herry Moeriyanto Tampake beserta sejumlah pejabat utama Polres Tuban.

Saat diwawancarai awak media, AKBP Oskar Syamsuddin menyatakan bahwa kedatangannya bersama jajaran kepolisian untuk memastikan keamanan logistik Pilkada yang sudah tiba sejak Kamis malam. 

“Pengamanan dilakukan oleh pihak TNI-Polri serta melibatkan Linmas, dan juga pengawasan terhadap personel yang bertugas,” jelas Oskar.

Kapolres juga menambahkan bahwa evaluasi terhadap keamanan dilakukan secara rutin untuk menyesuaikan pengamanan sesuai situasi dan dinamika yang berkembang. 

Selain itu, fungsi intelijen juga dikerahkan untuk melakukan pengamatan hingga pendistribusian logistik ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dalam pengamanan yang diterapkan secara bergantian, Polres Tuban menurunkan 16 personel yang dibagi dalam 4 regu, dengan dukungan 2 anggota TNI di setiap regu serta fungsi pengawasan untuk memastikan kehadiran personel pengamanan di lokasi.

Dengan koordinasi dan pengamanan yang ketat, diharapkan seluruh rangkaian Pilkada di Kabupaten Tuban dapat berjalan dengan aman dan lancar. [Rof/Ali]