Tiga Masjid Terbaik Tuban Raih Prestasi di Ajang Anugerah Masjid Award Jatim

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Tiga masjid di Kabupaten Tuban meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Anugerah Masjid Award Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Timur di Islamic Center Surabaya. 

Ketiga masjid tersebut adalah Masjid KH. Hasyim Asy'ari Tuban sebagai Juara 1 kategori Masjid Rest Area Terbaik, Masjid Besar Baiturrohim Kecamatan Soko sebagai Juara 2 kategori Masjid Besar Terbaik, dan Masjid Agung Kabupaten Tuban yang meraih Juara Harapan 2 dalam kategori Masjid Agung Terbaik se-Jawa Timur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Umi Kulsum, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini. 

"Kami sangat mengapresiasi perolehan penghargaan tingkat Jawa Timur ini, karena saat ini masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah semata, tapi juga sudah menjadi pusat peradaban dan pendidikan bagi umat," ujar Umi dalam siaran resminya dikutip Sabtu (26/10/2024). 

Umi menambahkan bahwa penghargaan ini menunjukkan bahwa masjid di Tuban dapat berdampingan secara harmonis dengan tempat ibadah agama lain. 

"Kami akan terus meningkatkan sinergitas dengan semua pihak, baik itu DMI, LTMNU, maupun pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan terhadap masjid di semua level dalam berbagai bidang, seperti imaroh dan idharoh. Harapan kami, penghargaan ini dapat memicu masjid lainnya untuk lebih baik dan berperan aktif bagi umat," sambungnya.

Di tempat terpisah, Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menyampaikan bahwa acara penghargaan dihadiri oleh perwakilan DMI dari kabupaten/kota se-Jawa Timur serta perwakilan masjid penerima penghargaan. 

"Penghargaan diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Bapak Adhy Karyono, kepada 33 masjid terbaik di Jawa Timur," jelasnya. 

Kasi Bimas Islam juga menyebutkan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap imam, takmir, dan marbot di Jawa Timur. 

"Jatim juga menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang memberikan tunjangan kepada para imam masjid," tambahnya. 

Ia berharap penghargaan ini dapat menambah semangat untuk terus memakmurkan masjid sekaligus memakmurkan jemaah. [Rof/Ali]