Kunjungan Gus Hans di Tuban: Konsolidasi Politik dan Perkuat Hubungan dengan Ulama

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, KH. Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), menggelar pertemuan dengan KH. Fathul Huda, mantan Bupati Tuban dua periode sekaligus Pengasuh Ma'had Bahrul Huda, Rabu (23/20/2024) sekitar pukul 09.30 Wib. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Go Tjong Ping, mantan Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari PDIP periode 2019-2024.

Dalam pertemuan tersebut, Gus Hans tidak hanya bersilaturahmi dengan Kiai Huda, tetapi juga memberikan motivasi kepada para santri. 

“Saya bersyukur bisa bersilaturahim kepada Kiai Fathul Huda. Beliau adalah panutan dan senior saya, baik dalam politik maupun pendidikan, terutama di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU),” ujar Gus Hans kepada blokTuban.com di lembaga pendidikan Ma'had Bahrul Huda, Rabu (23/20/2024).

Gus Hans, yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum di Jombang, menyampaikan pesan kepada santri agar mereka tetap bangga dengan NKRI dan Ahlussunnah Wal Jamaah, serta terbuka terhadap wawasan. 

Ia berharap para santri bisa mengembangkan hard skill dan soft skill secara bersamaan, sehingga menjadi pribadi yang santun.

Gus Hans, yang maju sebagai calon Wakil Gubernur mendampingi Tri Rismaharini dalam Pilkada Jatim 2024, mendapatkan dukungan dari PDIP dan Hanura. 

Dalam kesempatan ini, ia juga berbicara mengenai tren survei yang semakin positif, memberikan keyakinan bahwa dirinya tetap optimis menghadapi Pilkada.

“Saya tetap optimis, survei yang terus naik membuat semangat kami semakin tinggi. Hari ini, saya akan mengunjungi beberapa titik di Tuban dan Bojonegoro,” jelasnya.

Jadwal kegiatan Gus Hans pada hari ini mencakup sejumlah kunjungan di Tuban dan Bojonegoro. Di Tuban, setelah dari Ma'had Bahrul Huda ia akan bertemu dengan Kiai Nasroh di Ponpes Wali Songo Gomang Singgahan, Kh. Maulani di Ponpes Annihayah Kerek, dan Kh. Mabruk di Ponpes Daruttauhid Senori. 

Di Bojonegoro, Gus Hans akan melakukan konsolidasi dengan tim pemenangan di Kapas Balen, dan bertemu dengan sejumlah pengasuh pesantren di berbagai lokasi yakni, di Ponpes Darussalam Kedungmas bertemu Kh.Ahmad Sholeh, Ponpes Manb'ul Huda Banjaran Burno bertemu KH.Ahmad, dan Ponpes Al istiqomah. 

Ketika ditanya mengenai target suara di Tuban, Gus Hans menekankan bahwa yang terpenting baginya adalah memenangkan kontestasi, tanpa harus muluk-muluk menentukan persentase suara.

Gus Hans juga menekankan bahwa setiap kunjungannya ke pesantren bukan hanya soal kampanye, tetapi untuk memperkuat hubungan dengan para kiai dan membahas pendidikan santri. 

“Ketika datang ke pesantren, itu sudah seperti habitat saya. Jadi, ke Kiai Huda, bukan hanya bicara soal politik, tapi juga tentang santri dan pendidikan,” tutupnya.

Setelah berfoto bersama, tim Gus Hans juga membagikan stiker bergambar Risma-Gus Hans kepada para santri. [Rof/Ali]