Pertahankan Budaya K3, PLN Nusantarawa Power di Tuban Konsisten Raih Penghargaan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - PT PLN Nusantara Power menjadi satu dari 39 perusahaan/BUMN/BUMD di Kabupaten Tuban yang menerima penghargaan di Pendopo Krida Manunggal, Rabu (29/03/2023). Diantara sebab anak usaha PT PLN (Persero) diganjar penghargaan oleh Gubernur Jawa Timur, karena mempertahankan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). 

Senior Manager PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Tanjung Awar Awar, Abdi Nafi mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen agar orang-orang yang bekerja di lingkup operasi PLTU Tanjung Awar-awar selamat, aman, dan sehat. Adapun upaya yang selama ini dilakukan oleh perusahaan, diantaranya menerapkan sistem manajemen yang standart seperti ISO 9000, ISO 14.000, SMK3, maupun Sistem Manajemen Pengamanan (SMP).

"Semua itu kami terapkan sebagai bentuk upaya bagaimana kami mengatur perusahaan ini agar semua yang ada disitu memiliki SOP," tutur Abdi Nafi' kepada reporter blokTuban.com setelah peresmian rumah Fly Ash - Bottom Ash (Faba) di Desa Wadung, Kecamatan Jenu. 

Dengan penerapan SOP tersebut, lanjut Abdi Nafi' segala resiko yang ada di area PLTU seperti di ketinggian, peralatan tekanan tinggi dapat selamat. Bagi PLN Nusantara Power tidak ada yang lebih penting dari satu nyawa manusia, dengan itu menjadi komitmen bersama agar budaya K3 terus diterapkan mulai dari berangkat, saat masuk, di dalam PLTU, sampai pulang ke rumah. 

Ketika sampai terjadi kecelakaan kerja, yang rugi tidak hanya pekerja namun juga berdampak pada berhentinya produksi perusahaan dan lain sebagainya. 

"Saya di sini sudah 2 tahun dan Alhamdulillah mendapat penghargaan K3," imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi atas kedisplinan dan ketaatan perusahaan dalam menyelenggarakan K3 di perusahaan. Sekaligus menjadi bentuk kepedulian perusahaan kepada tenaga kerjanya. Menurutnya, terjadinya kecelakaan kerja akan menggangu produktivitas kerja.

Lindra menerangkan penerapan budaya kerja K3 menjamin keselamatan tenaga kerja sejak berangkat hingga pulang kerja. Pelaksanaan budaya kerja mencakup sarana prasarana, asuransi jiwa, dan mindset untuk bekerja sesuai prosedur. 

"Perusahaan dan tenaga kerja harus sejalan menjalankan budaya kerja berbasis K3 secara bertanggung jawab," ujarnya.

Bupati menekankan perusahaan di Kabupaten Tuban yang belum menjalankan budaya kerja K3 perlu ada pendampingan. Pemkab Tuban akan selalu menjalin hubungan dengan perusahaan dan tenaga kerja. Hadirnya pemerintah daerah menjadi mediator antara perusahaan dan tenaga kerja.

Perlu diketahui, sebagai industri di Kecamatan Jenu melalui program optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang disusun oleh Pemkab Tuban, PLN Nusantara Power diberi penghargaan oleh Bupati Tuban karena turut berpartisipasi memberikan pelindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada 500 Warga rentan di Wilayah Sekitar PLTU Tanjung Awar- Awar, Kabupaten Tuban.

Sebelumnya juga meraih penghargaan nihil kecelakaan kerja atau K3 dari Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky pada Maret 2022, dan PROPER Hijau dari Kementrian Lingkungan Hidup tahun 2021-2022.

Lalu, penghargaan atas Program Integrated Farming System Pemuda Harapan. Program Integrated Farming System tersebut diselenggarakan karena sejalan dengan tujuan Creating Shared Value (CSV) dan Sustainable Development Goals (SDG’s).

Lebih dari itu, bersinergi bersama TNI, PT PLN Nusantara Power juga meninggalkan sebuah legasi di Kabupaten Tuban. Berupa rumah dan lapangan Fly Ash - Bottom Ash (Faba). Lapangan Faba tersebut berlokasi di Koramil Jenu, sedangkan rumah Faba berada di Desa Wadung, Kecamatan Jenu. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS