Ini Dampak Masa Transisi Antara Musim Hujan dan Kemarau Menurut BMKG Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Saat ini wilayah Kabupaten Tuban menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban memasuki masa transisi atau peralihan dari musim hujan menuju musim kemarau.

Menurut Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan dalam memasuki masa transisi ini ada beberapa dampak yang akan terjadi di wilayah Kabupaten Tuban.

“Memasuki masa transisi akan dan beberapa dampaknya bagi wilayah Kabupaten Tuban,” ujar Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma kepada blokTuban.com, Sabtu (25/03/2023).

Ketika masa transisi seperti ini beberapa kejadian yang akan terjadi seperti kejadian angin kencang atau puting beliung lebih sering terjadi, serta biasanya disertai dengan terjadinya hujan lebat yang secara tiba-tiba dan disertai petir.

Pria yang akrab disapa Zem ini menambahkan selain hal di atas ada lagi dampak dari masa transisi, biasanya pertumbuhan kabut akan banyak terjadi pada pagi hari sehingga bisa mengganggu jarak pandang ketika beraktivitas.

Maka dari pada itu Zem menghimbau, agar tetap waspada terutama bagi pengendara kendaraan bermotor yang melakukan perjalanan subuh atau pagi hari. Supaya lampu-lampu kendaraannya dijaga karena saat melewati daerah berkabut perlu lampu kendaraan untuk membantu penglihatan dam jarak pandang.

“Keadaan wilayah Tuban akan lebih berkabut di pagi hari, jadi tetap waspada karena jarak pandang yang sempit, maka untuk membantu penglihatan di jalan  bisa menyalakan lampu motor ketika berkendara,” tambahnya.

Selanjutnya agar masyarakat  selalu mengikuti atau memantau terus info cuaca dan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, baik melalui aplikasi Info BMKG dan medis sosial BMKG.

Sebagai tambahan diperkirakan wilayah Kabupaten Tuban di akhir pekan ini akan diguyur hujan pada sore hari sekitar jam 16.00 Wib hingga malam hari. Dan beberapa wilayah yang memiliki potensi hujan lebih tinggi yaitu Kecamatan Parengan, Soko, Rengel, Plumpang, Grabagan, Montong, Senori dan Singgahan.[Nur/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS