Jalan Satu Arah di Tuban Bertambah

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Jalan satu arah di Kabupaten Tuban bertambah selama bulan Suci Ramadan 1444 H. Jalan yang diterapkan sistem satu arah yaitu Jalan Sunan Kalijaga, mengikuti Jalan Basuki Rahmat yang dibuat sistem searah sebelumnya. 

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, sistem satu arah di Jalan Sunan Kalijaga hanya berlaku selama Ramadan. Mulai tanggal 23 Maret 2023 sampai H-1 Lebaran atau tanggal 21 April 2023 mendatang. 

KBO Sat Lantas Polres Tuban, Iptu Sampir Santoso mengatakan, pemberlakuan sistem satu arah yang dimulai pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB ini bertujuan untuk menghindari penumpukan kendaraan yang bisa menyebabkan kemacetan.

"Sebab pada sore hari berlangsung aktivitas pedagang takjil untuk berbuka puasa," ujar Sampir kepada media. 

Baca Juga:

Ini Prediksi Jam Macet di Tuban Selama Ramadan 1444 H

Sat Lantas Polres Tuban bersama Dinas Perhubungan setempat menutup Jalan Sunan Kalijaga dari Pos Patung Letda Sutjipto ke timur, sehingga kendaraan dari arah barat bisa mencari jalan alternatif lain pada saat pemberlakuan jam satu arah. Arus yang ditutup dari barat ke timur hanya sampai di kantor Kecamatan Tuban.

"Sebab, di sekitar lokasi banyak sekali pedagang kaki lima, penjual takjil dan pembeli yang memburu takjil untuk menu buka puasa," jelasnya.

pemberlakuan satu arah ini sifatnya rekayasa arus lalu lintas, sehingga setelah buka puasa arus kembali normal. seluruh masyarakat yang melaksanakan ngabuburit atau berburu takjil diminta tetap dan selalu mematuhi aturan lalu lintas, parkir kendaraan dengan aman dan patuhi rambu rambu lalulintas.

Baca Juga:

Ayo Manfaatkan Mudik Gratis Idul Fitri 2023, Pendaftaran Dibuka Sejak Awal Maret

Diberitakan sebelumnya, Jalan Sunan Kalijaga masuk dalam daftar titik kemacetan selama bulan Ramadan 1444 H yang ada di Kabupaten Tuban. Harapannya di jam rawan macet, pengguna jalan disarankan memilih jalur Pantura atau Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Tuban di saat menjelang berbuka puasa. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS