Ini Prediksi Jam Macet di Tuban Selama Ramadan 1444 H

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Memasuki datangnya Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah, sejumlah aktivitas rutin selama puasa mulai dilakukan oleh sejumlah masyarakat di Kabupaten Tuban, seperti halnya berburu takjil, untuk buka puasa. 

Kondisi ini, membuat sejumlah titik jalan di Bumi Ronggolawe Tuban terancam padat, sehingga rawan terjadi kemacetan. Hal tersebut, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban, Imam Isdarmawan. 

"Sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita, selama Bulan Ramadan ada aktivitas mencari takjil buka puasa ataupun ngabuburit," ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (23/3/2023). 

Padatnya sejumlah jalan tersebut, lanjutnya, menyebabkan lalu lintas rawan tersendat. Kondisi tersebut, diprediksi akan terjadi pada jam 15.00 Wib hingga 17.30 Wib menjelang buka puasa.

Baca Juga:

Awal Bulan Ramadhan, Harga Emas Antam 23 Maret 2023 Dibandrol Rp1.087.000 Per Gram

Senada, Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Tuban, IPTU Sampir Santoso juga mengatakan bahwa akan terjadi kepadatan arus Lalu Lintas di Kabupaten Tuban, salah satunya diprediksi terjadi di Jalan Sunan Kalijogo. 

Hal itu, terjadi lantaran pada sisi kanan ataupun kiri jalan, banyak disesaki pada pedagang yang menjual makanan dan minuman, sebagai takjil berbuka puasa. Untuk itu, Perwira Pertama itu mengaku bahwa pihaknya akan melakukan antisipasi, dengan menutup jalan dari arah barat. 

"Kepadatan arus di jalan Sunan Kalijaga karena samping kanan dan kiri jalan, dibuat jualan menu buka puasa. Sebagai antisipasi atau alternatif maka arus dari arah barat kita tutup," paparnya. 

Baca Juga:

Penjualan Bunga Tabur Jelang Ramadan di Tuban Meningkat, Sehari Habiskan Puluhan Kilogram

Sebagai gantinya, maka masyarakat yang melewati jalan tersebut dari arah barat, maka dapat melewati jalur kiri ataupun kanan sesuai dengan lokasi yang hendak dituju pengendara. 

"Karena pemakai jalan adalah penduduk lokal akan bisa memilih jalan yang terdekat, dari barat bisa ke kanan atau ke kiri sesuai tujuan," imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS