Penghujan, Waspada Penyakit Patek Tanaman Holtikultural

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim penghujan membuat banyak penyakit maupun hama bermunculan menyerang tanaman holtikultural, seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jumat (21/10/2016).

Hama yang ditimbulkan dari dampak musim penghujan itu mulai nampak bermunculan setelah kemarin hujan terus mengguyur kawasan tersebut, meskipun begitu, para petani holtikultural khususnya petani cabai dengan pengarahan dari PPL langsung melakukan penanganan agar hama
yang mulai bermunculan itu tidak semakin meluas.

Santoso, salah satu petani cabai kepada blokTuban.com mengatakan, tanaman cabai miliknya mulai bermunculan hama patek pada saat cabai mulai masuk masa panen, namun agar tidak semakin meluas penanganan langsung dilakukan.

"Rata-rata hama yang menyerang adalah patek," ungkapnya kepada blokTuban.com.

Terpisah, POPT PHP Sunarto mengatakan, memang musim ini beberapa hama maupun penyakit pada tanaman holtikultural mulai bermunculan, hal itu dikarenakan curah hujan yang tinggi menyebabkan cuaca menjadi lembab dan mulailah hama tersebut berkembang, sehingga sebelum meluas penanganan harus cepat dilakukan.

"Untuk pencegahannya, cabai yang telah terkena hama langsung diambil serta mengaplikasikannya dengan agen hayati dan fungisida,"tambahnya. [hud/rom]