Awal Panen Buah Mangga Berkah Pengepul Musiman

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Memasuki awal musim panen buah mangga menjadi berkah bagi pengepul yang berada di Dusun Batan, Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Pasalnya dalam satu minggu pengepul musiman tersebut mampu mendapatkan buah mangga dari petani maupun tengkulak liar hingga 5,5 ton buah.

Salah satu pengepul buah mangga, Jarum (48) kepada blokTuban.com mengatakan, sudah sekitar dua minggu ini mangga yang ia dapatkan dari petani maupun tengkulak liar terus mengalami peningkatan. Pasalnya, musim panen kali ini masih terbilang baru dan belum pada puncaknya.

"Kali ini saya memanen buah mangga tidak hanya dari petani kawasan Kerek saja, namun dari Montong dan Merakurak," ungkap Jarum, Kamis
(20/10/2016).

Jarum menambahkan, dengan banyaknya buah mangga yang didapat dia harus pintar dalam memutar otak agar buah yang dia beli tidak membusuk. Sebab, mangga yang didapatnya harus dikirim hingga ke pasar luar provinsi yakni ke Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Di Pasar Kota Semarang, berapa banyak buah mangga yang saya kirim tetap habis," tambah kepada blokTuban.com.

Setiap kali pengiriman buah mangga yang dilakukan dua hari dalam seminggu itu, ia mengemasnya dengan sebuah peti yang terbungkus rapat. Setiap peti mempunyai berat sekitar 45 kilogram dan bisa laku antara Rp300.000-400.000. [hud/col]