Rekomendasi 4 Wisata Low Budget Saat Tahun Baru di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada momentum libur tahun baru, sebagian masyarakat menghabiskan waktunya untuk berkumpul bersama dengan keluarga maupun orang terkasih. Selain bersantai ataupun melakukan aktivitas lainnya di rumah, kebiasaan masyarakat saat tahun baru yaitu berkunjung ke destinasi wisata. 

Tak heran, jika pada saat tahun baru tiba, berbagai objek wisata hampir di seluruh daerah penuh dengan pengunjung, tak terkecuali di Kabupaten Tuban. 

Meski begitu, tak sedikit masyarakat yang masih bingung untuk memilik tempat wisata yang rekomended untuk dikunjungi bersama dengan keluarga dan juga teman-teman. Padahal ada banyak destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi, dengan tiket masuk yang low budget. 

Adapun rekomendasi tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi pada momen libur tahun baru, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Wisata Sendang Silowo

Wisata yang baru dibuka kembali pada akhir tahun 2022 lalu ini, hingga kini masih menjadi primadona di kalangan masyarakat. Pasalnya, kesejukan dan keasrian sungai yang dipadukan dengan pohon sagu, membuat hati menjadi tenang

Tak heran, jika wisatawan tidak bosan untuk berkunjung dan berlama-lama di tempat itu, karena di wisata yang terletak di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban ini, pengunjung dapat menyusuri sungai silowo dengan menggunakan perahu kano, Minggu (31/12/2023). 

Selain bagus, tiket masuk di wisata ini juga terbilang sangat murah, yaitu Rp 5 ribu per orang nya. Sedangkan untuk menyewa perahu kano, pengunjung ditarik biaya tambahan Rp10 ribu. 

"Untuk tiket masuknya sejauh ini belum berubah, yaitu Rp5 ribu. Saat ini di Wisata Silowo kami menambah fasilitas perahu kano dengan jumlah perahu kano double 27 unit dan single 3 unit," kata Ketua Pokdarwis Tuban, Maliki. 

2. Wisata Sendang Asmoro

Di wisata yang terletak di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan Sendang yang berwarga hijau dengan ribuan ikan cantik di dalamnya. 

Disisi lain, pengunjung juga bisa bermain di kolam renang dengan sepuasnya, serta menjelajahi rindangnya pepohonan di taman rimba yang berada sekitar wisata tersebut, dengan bermain berbagai fasilitas menarik. 

Seperti halnya, rumah Hobbit, flaying fox, spot foto, wahana berkuda, mini trail, caffe Instagramable, serta wahana ATV yang dapat menambah suasana hati menjadi indah di tempat tersebut. 

Pengelola wisata sekaligus HRD BUMDes Ngino, Rais Nurwanto mengatakan untuk bisa masuk ke tempat tersebut, masyarakat cukup membayar tiket masuk sebesar Rp12 ribu untuk orang dewasa dan Rp7 ribu untuk anak-anak. 

"Insyaallah akan ada penambahan fasilitas baru, tapi saat ini kita kembangkan dulu yang di taman rimba, untuk kegiatan outbound dan kemah," jelasnya. 

3. Pantai Panduri

Pantai Panduri merupakan salah satu destinasi wisata terbaru di Kabupaten Tuban, yang letaknya tak jauh dari pusat kota, yaitu  di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. 

Saat berkunjung di tempat ini, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan laut dengan pasir putih yang sangat indah dan Instagramable.

Disamping itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan sunset di sore hari. Tak heran, jika banyak masyarakat yang justru memiliki untuk berkunjung ke tempat ini pada saat sore hari. 

Selain digunakan sebagai tempat wisata, di pantai ini pengunjung juga diberikan fasilitas untuk camping ataupun kemah. Sehingga tempat ini, juga sering digunakan oleh wisatawan sebagai tempat berkemah. 

Adapun tarif masuk di Wisata Panduri ini, yaitu hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp3 ribu untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda  Rp7 ribu saja. 

4. Pantai Sumur Pawon

Destinasi wisata yang wajib dikunjungi pada saat tahun baru lainnya ialah Pantai Sumur Pawon yang terletak di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. 

Tak kalah dari pantai lainnya, Wisata Pantai Sumur Pawon ini juga memiliki pemandangan yang indah dan juga asri. Juluran air laut dan pasir putih dengan dipadupadankan bersama ratusan pohon Cemara, mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. 

Terlebih, bebatuan karang indah yang menghiasi laut di wisata tersembunyi ini, juga menambah kesan eksotis bagi masyarakat yang berburu foto yang Instagramable. 

"Wisata ini dibuka sejak tahun 2021 lalu, tapi memang belum banyak yang tahu tempat ini. Untuk biaya masuknya kita hanya menarik biaya parkir saja, yaitu Rp5 ribu untuk sepeda motor dan Rp10 ribu untuk mobil," imbuhnya. [Sav/Ali]