Karnaval Unik di Tuban, Selfie dengan Kepala Desa Ini Berhadiah Smartphone

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Seluruh desa di Kabupaten Tuban memiliki cara masing-masing untuk merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) tahun 2022. Beragam lomba digelar seja awal hingga akhir bulan kemerdekaan. 

Dari 328 desa dan kelurahan di Tuban, ada satu desa yang menggelar karnaval unik dibanding wilayah lainnya. Desa tersebut adalah Socorejo, Kecamatan Jenu. Tak sekedar perayaan biasa, di desa pesisir tersebut peserta karnaval berkesempatan mendapatkan hadiah smartphone. 

Caranya dengan menonton karnaval yang berlaku untuk umum, artinya bukan hanya warga Desa Socorejo saja. Akan tetapi, dari berbagai kecamatan di sekitar Jenu seperti Tambakboyo, Bancar, Tuban, Kerek, Merakurak, hingga Montong. 

Setelah menonton, setiap orang yang ingin mendapatkan ponsel pintar harus selfie dengan Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim. Terus diupload di Grup Facebook Socorejo Dalam Berita (SDB), dan menyertakan hastag #KangAriefAdalahKita. 

Baca juga :

Peserta Karnaval di Tuban Naik Mobil Pick Up atau Tossa, Begini Kebijakan Polres

Semarak Pawai Sepeda Hias Ajang Kreatifitas di Kabupaten Tuban

Karnaval Sepeda Hias, 800 Pelajar SD-MI Semarakkan HUT Kemerdekaan RI di Tuban

Untuk penilaian peserta yang menang berdasarkan like terbanyak, dan lomba unik di salah satu desa di Tuban tersebut akan ditutup pada 23 Agustus 2022 mendatang. 

Informasi menonton karnaval berhadiah smartphone sontak menjadi magnet di karnaval Desa Socorejo. Terpantau sejak start dari depan Balai Desa Socorejo, sudah ada warga yang minta selfie dengan Kang Arief sapaan akrab Kades Socorejo itu. 

"Hadiah smartphone tersebut untuk memeriahkan karnaval tahun ini setelah dua tahun vakum," ujar Kang Arief saat diwawancarai usai karnaval, Minggu (21/8/2022). 

Kades muda di Tuban itu, melanjutkan hadiah tersebut berlaku untuk umum dan semua warga di Tuban. Oleh sebab itu, rute karnaval kemerdekaan tahun ini rutenya melintasi 4 desa, mulai Socorejo, Glondonggede, Karangasem, dan Merkawang. 

"Ada 34 grup dari seluruh lembaga sekolah, pemerintahan dan pemuda di Socorejo dengan jarak tempuh kurang lebih 7 Kilometer," imbuhnya. 

Dengan mengusung konsep nusantara, para peserta karnaval menampillkan aneka pakaian adat dan tarian dari berbagai suku di Indonesia. Mulai Jawa, Bali, hingga Papua. Selain itu, kesenian Tuban seperti Tak-Takan juga tampil dalam karnaval di Socorejo. 

Karnaval semakin meriah sebab, Kades bersama istrinya dan seluruh perangkat desa ikut berjalan bersama ribuan peserta karnaval yang ikut. Alasan Kades ikut berjalan dengan warga, untuk merasakan kebahagiaan bersama di HUT RI tahun ini. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS