21:00 . Tarik Investasi, SKK Migas Jadwalkan Konvensi Hulu Migas   |   20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Gua Perahu Tuban Simpan Sumber Air Kehidupan dan Potensi Wisata

bloktuban.com | Sunday, 10 April 2022 14:00

Gua Perahu Tuban Simpan Sumber Air Kehidupan dan Potensi Wisata Gua Perahu terletak di Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Tuban. (Foto:dok. Paguyuban Caving Jatim dan Mahipal Unirow))

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selain sebutan Bumi Wali ataupun Bumi Ronggolawe, Kabupaten Tuban juga familier dengan julukan Kota Seribu Gua. Salah satu gua yang menyimpan air kehidupan dan potensi wisata adalah Gua Perahu. 

Gua yang berada di Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban telah dieksplore oleh tim Paguyuban Caving Jawa Timur bekerjasama dengan Mahipal Unirow Tuban di bulan Maret 2022. 

Karisma salah satu tim yang mengeksplor Gua Perahu menjelaskan, kemungkinan gua tersebut dieksplore untuk wisata minat khusus. Di sekitarnya ada beberapa titik gua, diantaranya Gua Srunggo, Gua Ekrak, dan Gua Iwak. 

"Semuanya kami prakirakan terhubung satu sama lain. Misalnya jarak Gua Perahu dengan Gua Srunggo kurang lebih 200 meteran, dan dengan Gua Ekrak 90 meteran," ujar Kharisma kepada blokTuban.com, Minggu (10/4/2022). 

Pemuda asal Kecamatan Rengel itu, menambahkan nama Gua Perahu sendiri merupakan penyebutan masyarakat lokal. Hasil pendataan selama eksplorasi, tidak ada ciri khusus yang menyerupai perahu, akan tetapi di dalamnya memiliki air jernih dari resapan. 

Setelah diukur, Gua Perahu memiliki kedalaman empat sampai lima meter dan menjadi salah satu lokasi penyelaman gua di Tuban yang pertama. Selain itu, masih ada lorong panjang yang perlu dieksplorasi lebih lanjut. 

Kami juga berharap Gua Perahu ini bisa menjadi pusat penyelaman gua di Jawa. Sebab, karakternya berbeda dengan gua yang lainnya," imbuhnya. 

Kharisma melanjutkan, pada tahun 2000-an telah dilakukan pendataan dan waktu itu tidak ada lorong gua. Temuan lorong di bulan Maret 2022, menunjukan telah terjadi penurunan tanah dan debit air di dalam gua. 

Paguyuban Caving Jatim maupun Mahipal Unirow mendorong pemangku kebijakan untuk serius mengelola dan merawat potensi Gua Perahu. Salah satunya melalui Perda supaya tidak dirusak oleh aktifitas di sekitarnya. 

"Ke depan bisa dipaketkan dengan wisata yang sudah ada, misalnya Jati Wangi, Kampung Air, Pelang, maupun Silowo," pesannya. 

Supaya dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan, Kharisma menekankan gua tersebut harus dijaga kebersihannya. Salah satunya dengan tidak membuang sampah dan sebagai caver wajib memungut sampah yang berserakan di sekelilingnya. 

"Dengan demikian, kita telah menjaga dan memberi peluang bumi untuk masa depan," tutup pemuda ramah itu. [Ali]

 

Tag : Gua Perahu Tuban, Air jernih, Gua Srunggo, Gua Ekrak, Segitiga Gua, Penyelaman Jawa, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat