10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |   16:30 . Bejat! Dua Orang Kakek di Tuban Tega Setubuhi Bocah SD Hingga 9 Kali   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

KP Ronggolawe Ajak Masyarakat Tingkatkan Kapasitas Intelektual

bloktuban.com | Tuesday, 29 March 2022 09:00

KP Ronggolawe Ajak Masyarakat Tingkatkan Kapasitas Intelektual Narasumber atau fasilitator, Imanul Isthofaina, Divisi Advokasi KP Ronggolawe. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Koalisi Perempuan (KP) Ronggolawe Tuban mengajak masyarakat untuk meningkatkan kapasitas intelektual melalui bedah film “The Imposibble Dream” yang bertempat di kantor KP Ronggolawe, Selasa (29/3/2022). 

Dalam kegiatan tersebut, turut mengundang puluhan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Tuban, dengan menghadirkan narasumber atau fasilitator, Imanul Isthofaina, Divisi Advokasi KP Ronggolawe. 

Ketua KP Ronggolawe, Suwarti menyampaikan, kegiatan tematik bedah film tersebut merupakan agenda pertama yang dilakukan oleh pihaknya untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kapasitas intelektual kepada masyarakat umum yang dijadwalkan dua minggu sekali dengan tema yang berbeda-beda. 

“Pelaksanaan diskusi tematik ini dilakukan di kantor KP Ronggolawe yang beralamat di Jl. Delima Nomor 1926 Perbon Tuban. Diskusi tematik ini dibuka untuk masyarakat umum dan gratis,” ungkap Warti kepada reporter blokTuban.com. 

Film Imposibble Dream yang dipilih, lantaran dapat memberikan pemahaman penting tentang kehidupan nyata dan persoalan yang dihadapi oleh perempuan. Di mana film tersebut menggambarkan perempuan mengalami persoalan yang berlapis baik di ranah domestik maupun publik, yang menyebabkan adanya ketidakadilan gender bagi perempuan. 

Dengan begitu, kegiatan tersebut bertujuan untuk memahamkan perbedaan gender dan kodrat, bahwa gender merupakan perbedaan antara perempuan dan laki-laki dalam peran, hak, fungsi, dan tanggung jawab yang dibentuk oleh sosial dan budaya. 

Sedangkan kodrat adalah perbedaan perempuan dan laki-laki yang diberikan langsung oleh Tuhan yang tidak dapat dipertukarkan, dirubah, dan hal itu berlaku sepanjang masa dan di mana saja. 

Seperti halnya adanya organ tubuh yang dimiliki antara perempuan dan laki-laki berbeda. Apabila perempuan memiliki kelenjar payudara dan rahim, maka pria ditakdirkan tidak mempunyai hal tersebut, dan tidak dapat dirubah ketetapannya sampai kapanpun. 

“Memahamkan bentuk ketidakadilan gender yakni kekerasan, streorotip, beban ganda dan subordinasi. Juga memahamkan tentang keadilan dan kesetaraan gender,” terangnya. 

Di mana ketidakadilan gender yang dimaksud dapat meliputi beberapa bentuk, baik dalam bentuk subordinasi, kekerasan, stereotip/label/cap, beban ganda, maupun marginalisasi dan diskriminasi. 

Oleh karena itu, adanya kegiatan kali ini diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya seorang perempuan untuk meningkatan kapasitas intelektualnya. Baik cara berfikir, penyelesaian masalah ataupun dalam hal penyesuain diri. [Sav/Ali]

 

Tag : KP Ronggolawe, kekerasan perempuan, kekerasan anak, kapasitas intelektual, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat