20:00 . 1 Desember 2022 Hari AIDS Sedunia, ODHA Kerap Hadapi Stigma Buruk Masyarakat   |   19:00 . Segini Jumlah Sopir Angkutan dan Ojol Tuban yang Terdaftar BLT BBM   |   18:00 . Harga Telur di Tuban Tembus Rp30 ribu Per Kilogram, Pemicunya BPNT dan PKH Cair   |   17:00 . Melalui Sekoah Binaan, PT UTSG Kembangkan Program Penghijauan (PRANARAKSA) di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   16:00 . Pusat Belajar Guru Tuban Pamerkan 40 Karya Guru Berbagai Jenjang   |   15:00 . Lantik Pengurus Cabang SH Terate Tuban, Ketum PSHT Serukan Jauhi Narkoba   |   14:00 . PT UtSG Serahkan dan Tanam 23 Jenis Pohon Buah Langka di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja 6 Formasi di Klinik Kecantikan Cabang Tuban- Bojonegoro   |   12:00 . Santri Kaya Tidak Berdosa   |   11:00 . Jadwal Tanding Piala Dunia 2022 Qatar Malam Ini 1-2 Desember 2022, Ada Jerman dan Spanyol   |   10:00 . Daftar Desa di Tuban Kebanjiran Dampak Luapan Kali Kening, Warga Mulai Dievakuasi   |   09:00 . Segera Dibangun, Ini Bocoran Lelang Tol Demak-Tuban   |   08:00 . Dok!..Dana Bantuan Parpol Tuban Jadi Rp5 Ribu per Suara di 2023   |   07:00 . Ciptakan Sipinter, Mahasiswa PEM Akamigas Raih Emas di IWA 2022   |   06:00 . Kali Kening Meluap, Ratusan Rumah Warga di Tuban Terendam Banjir   |  
Thu, 01 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mahipal Unirow Gelar Diklatsar di Sumber Air Krawak

bloktuban.com | Friday, 26 March 2021 14:00

Mahipal Unirow Gelar Diklatsar di Sumber Air Krawak

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban menggelar diklatsar ke-27. Ada enam peserta yang ikut, dan berangkat dari kampus swasta di Jalan Manunggal nomor 61 menuju ke sumber mata air Krawak Desa Guwoterus, Kecamatan Montong.

Ketua Umum Mahipal Unirow, Ahmad Ridwan (21) mengatakan diklatsar ke-27 ini dimulai tanggal 25-29 Maret 2021. sehari digunakan untuk karantina di kampus dan empat hari sisanya dihabiskan di lapangan.

"Fungsi karantina untuk merefresh materi yang telah diajarkan di pradiklat," ujar Ahmad Ridwan pemuda asal Desa Temaji, Kecamatan Jenu kepada reporter blokTuban.com, Jumat (26/3/2021) siang.

Ridwan menambahkan, beberapa materi yang difokuskan di pradiklatsar yaitu ke-MAHIPAL-an, mounteneering, navigasi darat, rock climbing, konservasi, SAR dan pertolongan pertama (PP), speleologi atau ilmu penelusuran goa, serta survival.

Sedangkan selama diklat lapangan para peserta akan dimatangkan di praktik mounteneering, navigasi darat, rock climbing, SAR dan PP, speleologi, dan survival.

"Dengan diklatsar ini kami targetkan peserta bisa bertambah SDM-nya, kualitas, dan loyalitasnya untuk organisasi di bawah naungan Unirow," imbuh mahasiswa semester 6.

Selama di lapangan, lanjut Ridwan sebagai anggota Mahipal angkatan 2018 bahwa peserta akan memulai aktifitasnya di pos Perhutani Krawak ditembakkan ke titik triangulasi atau titik tertinggi kemudian ditembakkan titik bascamp.

Di lain sisi, panitia juga menilai minimnya peserta diklatsar Mahipal karena pandemi Covid-19. Para mahasiswa telah nyaman dengan aktifitas daring, dan menurunkan minatnya berkegiatan outdoor.

Dengan tajuk kegiatan ini tekad yang berani, penuh aksi untuk regenerasi di masa pandemi, Wakil Rektor 3 Unirow, Suantoko berpesan kepada peserta dan panitia untuk selalu menjaga diri selama pandemi.

"Tak kalah pentingnya menjaga nama baik organisasi dan kampus Unirow," pesan pria asal Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding.

Sekedar diketahui, Mahipal merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang alam bebas dan berada di bawah naungan Unirow Tuban. 

Pada umumya didominasi oleh generasi muda yang memiliki tingkat kreativitas, minat serta bakat yang tinggi.

Selain berkegiatan di Pulau Jawa, anggota Mahipal juga pernah aktifitas caving paling jauh di Maros Sulawesi Selatan, dan pendakian di Gunung Rinjani NTB. [ali/ono]

 

Tag : diklatsarmahipal, unirow



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat