Unirow Tuban Luncurkan Smart Classroom, Ini Manfaatnya untuk Mahasiswa

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban meluncurkan Smart Classroom guna meningkat kualitas belajar para mahasiswa di masa pandemi Covid-19, Sabtu (12/3/2022). 

Fasilitas Smart Classroom itu diperoleh UNIROW Tuban, setelah memenangkan Hibah PKKM AFIRMASI dari Kemendikbudristek, pada tahun  2021 lalu. Setidaknya ada 12 hibah yang berhasil didapatkan baik di tingkat nasional maupun international. 

”Jadi pada tahun 2021 Unirow memenangkan hibah program merdeka belajar, kampus merdeka itu ada 12 hibah, baik tingkat nasional maupun tingkat international salah satunya ini yang terakhir yang ke 12 di tahun 2021,” terang Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, Rektor UNIROW kepada reporter blokTuban.com setelah launching. 

Adanya kegiatan tersebut merupakan suatu tanda akan dimulainya perangkat pembelajaran hasil dari hibah yang berbasis IT untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Di mana pada era revolusi 4.0 saat ini, fasilitasnya berbasis IT dan hal itu tidak bisa ditawar lagi.

Sistem perkuliahan yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 adalah hibryd learning. Oleh karena itu, IT untuk kuliah online menjadi kebutuhan vital.  

”Alhamdulillah UNIROW mendapat hibah dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi sehingga kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya pada pihak kementerian juga pada pihak pbpgri yang juga mensupport kami, dan tak lupa sebagai wujud rasa syukur kami, maka kami akan memanfaatkan hibah ini dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya. 

Dengan demikian, Rektor Dian akan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan fasilitas yang nyaman bagi para mahasiswa dan membentuk akademik yang berkualitas. Ketika kampus swasta yang beroperasi di Jalan Manunggal Tuban itu berdaya saing, maka menjadi pilihan utama bagi masyarakat. 

“Hibah yang didapatkan berupa perangkat pembelajaran, kalau dinilai sekitar Rp400 juta tapikan diwujudkan dengan suatu alat pembelajaran. Ada tv interaktif yang sudah didemokan, room book dan note book,” katanya.

Smart classroom tersebut kedepannya diperuntukkan untuk seluruh fakultas ataupun program studi Unirow dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, ini juga menjadi tantangan bagi Civitas Akademika khususnya dosen dan mahasiswa untuk tetap belajar terkait dengan IT ini karena perkembangan IT semakin cepat. 

”Sehingga bisa menjadi teladan dan bisa menebar manfaat untuk ikut mencerdaskan anak bangsa karena tingginya pendidikan menunjukan tingginya peradaban suatu bangsa,” lanjutnya.

Sementara itu Dr. Djoko Adi Waluyo, S.T,M.M, BDA Pengurus PB Pusat mengapresiasi adanya Smart Classroom tersebut. Ditegaskan olehnya, bahwa Unirow merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di Jawa Timur yang mendapatkannya. 

”Yang mendapatkan pkkm se Jawa Timur ini Unirow baru pertama yang pertama kali, khususnya perguruan tinggi PGRI pertama adalah Tuban yang kedua Nganjuk yang ketiga Pacitan kemudian STKIP PPGRI Jombang dan Sumenep,” katanya. 

Oleh karena itu, Djoko Adi Waluyo berharap hal seperti ini tidak hanya satu kali saja, tetapi harus dikembangkan lagi karena capaiannya awal tahun 2022 merupakan jejak yang pertama. [Sav/Ali]