15:00 . Sidang Ketiga Dugaan Pelanggaran Administrasi PPS Tuban, Pelapor Bawa Seorang Saksi   |   14:00 . Gunung Api Karangetang Sulawesi Utara Berstatus Siaga   |   13:00 . Presiden Jokowi Ingatkan Tantangan Pers Hadapi Banjir Media Sosial   |   12:00 . Tempati Lahan KAI, 97 Bangunan di Surabaya Dibongkar   |   10:00 . Kumpulan Resep Membuat Telur Pindang, Sekali Buat Bisa Untuk Beberapa Hari   |   09:00 . Emas Antam Kembali Naik Rp.5000 Hari ini 9 Februari 2023, Full Stock!   |   08:00 . Tata Cara dan Kapan Bersiwak Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW   |   07:00 . Lirik Lagu Stasiun Balapan - Cover Denny Caknan, Kuto Solo Sing Dadi Kenangan   |   21:00 . Kepepet Kebutuhan Sehari-hari, Purnawirawan Polisi di Tuban Nekat Mencuri Motor   |   20:00 . Bawaslu Tuban Bacakan Hasil Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Rekrutmen Anggota PPS Montong   |   19:00 . Keren, Anak Muda di Tuban Buat Suplemen Penambah Nafsu Makan Hewan   |   18:00 . Eks Karyawan Hotel Purnama Tak Terima Pesangon, Disnakerin Tuban Sarankan ke Jalur Hukum   |   17:00 . Mahasiswa KKN Unang Tuban Dampingi UMKM Panyuran Terbitkan NIB   |   16:00 . Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Dihuni 250 Penduduk, Ini Kondisi Dusun Terluar di Tuban   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Unirow Tuban Luncurkan Smart Classroom, Ini Manfaatnya untuk Mahasiswa

bloktuban.com | Saturday, 12 March 2022 14:00

Unirow Tuban Luncurkan Smart Classroom, Ini Manfaatnya untuk Mahasiswa

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban meluncurkan Smart Classroom guna meningkat kualitas belajar para mahasiswa di masa pandemi Covid-19, Sabtu (12/3/2022). 

Fasilitas Smart Classroom itu diperoleh UNIROW Tuban, setelah memenangkan Hibah PKKM AFIRMASI dari Kemendikbudristek, pada tahun  2021 lalu. Setidaknya ada 12 hibah yang berhasil didapatkan baik di tingkat nasional maupun international. 

”Jadi pada tahun 2021 Unirow memenangkan hibah program merdeka belajar, kampus merdeka itu ada 12 hibah, baik tingkat nasional maupun tingkat international salah satunya ini yang terakhir yang ke 12 di tahun 2021,” terang Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, Rektor UNIROW kepada reporter blokTuban.com setelah launching. 

Adanya kegiatan tersebut merupakan suatu tanda akan dimulainya perangkat pembelajaran hasil dari hibah yang berbasis IT untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Di mana pada era revolusi 4.0 saat ini, fasilitasnya berbasis IT dan hal itu tidak bisa ditawar lagi.

Sistem perkuliahan yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 adalah hibryd learning. Oleh karena itu, IT untuk kuliah online menjadi kebutuhan vital.  

”Alhamdulillah UNIROW mendapat hibah dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi sehingga kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya pada pihak kementerian juga pada pihak pbpgri yang juga mensupport kami, dan tak lupa sebagai wujud rasa syukur kami, maka kami akan memanfaatkan hibah ini dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya. 

Dengan demikian, Rektor Dian akan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan fasilitas yang nyaman bagi para mahasiswa dan membentuk akademik yang berkualitas. Ketika kampus swasta yang beroperasi di Jalan Manunggal Tuban itu berdaya saing, maka menjadi pilihan utama bagi masyarakat. 

“Hibah yang didapatkan berupa perangkat pembelajaran, kalau dinilai sekitar Rp400 juta tapikan diwujudkan dengan suatu alat pembelajaran. Ada tv interaktif yang sudah didemokan, room book dan note book,” katanya.

Smart classroom tersebut kedepannya diperuntukkan untuk seluruh fakultas ataupun program studi Unirow dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, ini juga menjadi tantangan bagi Civitas Akademika khususnya dosen dan mahasiswa untuk tetap belajar terkait dengan IT ini karena perkembangan IT semakin cepat. 

”Sehingga bisa menjadi teladan dan bisa menebar manfaat untuk ikut mencerdaskan anak bangsa karena tingginya pendidikan menunjukan tingginya peradaban suatu bangsa,” lanjutnya.

Sementara itu Dr. Djoko Adi Waluyo, S.T,M.M, BDA Pengurus PB Pusat mengapresiasi adanya Smart Classroom tersebut. Ditegaskan olehnya, bahwa Unirow merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di Jawa Timur yang mendapatkannya. 

”Yang mendapatkan pkkm se Jawa Timur ini Unirow baru pertama yang pertama kali, khususnya perguruan tinggi PGRI pertama adalah Tuban yang kedua Nganjuk yang ketiga Pacitan kemudian STKIP PPGRI Jombang dan Sumenep,” katanya. 

Oleh karena itu, Djoko Adi Waluyo berharap hal seperti ini tidak hanya satu kali saja, tetapi harus dikembangkan lagi karena capaiannya awal tahun 2022 merupakan jejak yang pertama. [Sav/Ali]

 

 

Tag : Unirow Tuban, Smart Clasroom, Rektor Unirow Supiana Dian, Pengurus PB Pusat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat