07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   20:00 . Mendag: Side Events G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Personel Kodim Tuban Terima Vaksinasi Booster   |   18:00 . Ranting NU Patihan Gelar Perekaman Kartanu   |   17:00 . Hadir di MKNU PCNU Tuban, Begini Pesan Kiai Marzuki untuk Warga NU   |   16:00 . Berikut Tiga Major Project BKKBN untuk Akselerasi Penurunan Stunting 2024   |   14:00 . Ratusan Pekerja Semen Tuban Disuntik Vaksin Booster   |   13:00 . Kasus Omicron Terus Bertambah, Puncak Kenaikan Kasus Diprediksi pada Februari hingga Awal Maret   |   12:00 . Setelah Terbakar Pasar Baru Tuban Berganti Nama   |   11:00 . Dinsos Coret 101 ASN Tuban yang Cairkan Bansos Covid-19 dan Sanksi Pendamping   |   10:00 . Kurang Antusiasme dari Orang Tua, Hanya Sedikit Balita yang Datangi Posyandu   |   09:00 . Berikut Alasan Mengapa Makanan Diet Sehat Cenderung Lebih Mahal   |   08:00 . Pasar Tradisional dan Toko Kelontong Diberi Waktu Sepekan untuk Sesuaikan Harga Minyak Goreng   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   21:00 . Pandemi Covid-19 Terus Berlanjut, Perajin Gerabah Ngadirejo Berpindah Haluan   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Buntut Silowo, Objek Wisata Beresiko Tinggi Diminta Sediakan Tim Penyelamat

bloktuban.com | Wednesday, 19 May 2021 08:00

Buntut Silowo, Objek Wisata Beresiko Tinggi Diminta Sediakan Tim Penyelamat

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Semua objek wisata di Kabupaten Tuban beresiko tinggi diminta oleh Pemerintah Kabupaten Tuban untuk menyediakan tim penyelamat.

Permintaan tersebut buntut insiden maut di objek wisata Pemandian Sumber Silowo di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak pada Rabu (19/5/2021) siang yang merenggut nyawa dua anak asal Kecamatan Tambakboyo.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Suwanto mengaku tak pernah kurang memberi warning atau peringatan kepada pengelola wisata di kabupaten yang berjulul Kota Seribu Goa.

"Khusus Silowo perkembangannya posisinya ditutup dan tim Disparbudpora tidak memantau selama libur lebaran Idul Fitri 1442 H karena selama ini pengelola belum koperatif komunikasinya," ujar Suwanto kepada blokTuban.com.

Dalam pembukaan objek wisata, Pemkab menerapkan beberapa prasyarat seperti pengelola harus bekerjasama dengan petugas medis Puskesmas setempat. Selain itu, mendapat ijin dari tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan.

Khusus wisata air, pengelola juga diwajibkan memasang informasi kedalaman air maupun tim penyelamat air. Termasuk di Kali Pelang yang airnya tidak begitu dalam, juga wajib melengkali prasyarat tersebut. Apabila tidak ada tim penyelamat, wisata air lebih baik tidak dibuka untuk berenang.

"Begitupula di wisata Bektiharjo setiap hari ada tim SAR yang standby khususnya di waktu ramai kunjungan. Jika wisata lain belum mampu menyediakan tim profesional, minimal ada yang petugas pengawasnya," pinta mantan Wanto yang sebelumnya bertugas di Bappeda Tuban.

Saat ini Pemkab juga mendorong setiap objek wisata membuat asuransi wisata. Sosialisasi programnya telah dilakukan, akan tetapi belum setuju semuanya. Untuk di intansi sudah ada asuransi dari BUMN.

Kedepannya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola wisata desa dapat membentuk kelomopok untuk mengakses asuransi wisata. Terbentuknya kelompok akan lebih memudahkan dan meringankan pembayaran asuransi.

Tak kalah penting, Pemkab juga mengedukasi netizen yang jago berenang untuk tidak gampang memposting saat menyelam di dalam air. Postingan yang dilihat menyenangkan tersebut, dikhawatirkan memacu anak-anak yang belum bisa berenang untuk mencobanya.

"Mohon pengguna Media Sosial untuk lebih bijak dalam memposting. Boleh memposting wisata air khususnya yang ada papan informasi dan tim penyelamatnya," tandasnya. [ali/mu]

Tag : wisata, silowo, wisata tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more