Perangkat Desa dan Warga Jetak Antusias Ikuti Pelatihan Membatik

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban beserta masyarakat desa setempat mengikuti pelaksanaan pelatihan membatik yang diselenggarakan di kantor kepala desa setempat.

Pelatihan membatik kali ini diselenggarakan selama 3 hari Sabtu-Senin (27-29/11/2021). Adapun dalam pelatihan itu, para peserta didampingi oleh Dr. Ana Arifatus Sa'diyah yang merupakan Dosen di Universitas Tribuana Tungga Dewi Malang.

Kepala Desa Jetak, Zakky Mubarok Aly mengatakan, kegiatan pelatihan membatik ini merupakan rangkaian dari acara penanaman pohon kopi dan pohon penghijauan di kawasan Hutan Bongok beberapa hari yang lalu.

Menurutnya, pelaksanaan pelatihan membatik ini diikuti sekitar 150 peserta yang terdiri dari perangkat desa, PKK serta perwakilan dari masing-masing Rukun Tetangga (RT) serta unsur kepemudaan desa setempat.

"Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan membatik ini," terang Zakky Mubarok Aly.

Lebih lanjut, Kades mengungkapkan, Desa Jetak ini memiliki beberapa produk unggulan berupa batik, diantaranya yang menjadi andalan adalah batik Singonegoro dan Singanegaran.

Diharapkan, dengan adanya pelatihan membatik ini masyarakat serta para pemuda di desa tetap bangga memakai batik. Di samping itu, diharapkan kegiatan ini bisa terus berkembang sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

"Dengan merangkul semua aspek seperti desainer muda, kita harapkan pelatihan ini mampu membangun dan mengangkat perekonomian masyarakat ke depan untuk Desa Jetak," tutup Kades.

Sebatas diketahui, kegiatan pelatihan membatik itu juga dihadiri oleh Forkopimka Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.[hud/col]