Pasca Panen Raya, Petani Soko Mulai Tanam Padi

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pasca panen raya beberapa waktu lalu, sejumlah petani padi yang berada di Desa Pandanwangi dan Desa Kenongo, Kecamatan Soko mulai mengolah sawahnya kembali, Jumat (20/10/2017).

Beberapa petani tampak sibuk menanam bibit padi, membajak sawah, dan mengairi lahannya. Mereka semua mengaku lebih semangat dalam menanam ulang bibit padi, setelah panenan beberapa bulan lalu tergolong bagus.

"Panen kemarin dapat lumayan. Jadi, kali ini kita lebih yakin kalau hasil padi akan lebih baik lagi," ungkap Harto, salah seorang petani Desa Pandanagung.

Dia menambahkan, sawah yang mendapat suplai air dari bengawan tersebut memang membawa keuntungan bagi para petani. "Kalau tidak sampai kerendam banjir, bisa panen 3x. Tapi ya disyukuri sajalah," imbuhnya kepada blokTuban.com.

Hal senada juga diutarakan oleh Surip, petani asal Desa Kenongo. Meski sawah-sawah petani sering terkena banjir saat musim penghujan, dia tetap optimis akan tanamannya kali ini.

"Ini lagi bajak sawah biar tanahnya bisa diolah lebih baik lagi. Tanaman baru, semangat baru pokoknya," ujarnya. [feb/col]