Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Akhir-akhir ini, penyedia jasa hias mahar atau jasa hias mas kawin meraup keuntungan yang berlipat ganda. Pasalnya, memasuki bulan Rajab (Penanggalan Jawa) ini, banyak para calon pengantin yang melaksanakan pernikahannya di bulan tersebut.

Dibandingkan bulan sebelumnya yang agak sepi, di musim pernikahan ini penyedia jasa hias mahar terus mendapatkan pesanan untuk menghias mahar sesuai dengan yang diinginkan para pemesan.

Seperti halnya yang dialami oleh salah satu penyedia jasa hias mahar di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban Nanang Istiawan, ia mengaku musim nikah ini jasa hias mahar yang digelutinya itu ramai dan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

"Sebelum bulan Rajab juga ada, namun tidak seperti saat ini," kata bapak dua anak tersebut, Sabtu (8/4/2017).

Nanang menambahkan, untuk mahar hias yang digunakan di bulan ini, sudah ada lima pemesan dan tiga di antaranya sudah diambil orang. "Satu bulan setengah sebelum hari H, calon pengantin sudah memesan sehingga saat hari H hias maharnya sudah siap," katanya kepada blokTuban.com.

Ia mengaku, untuk penyediaan jasa dan pigora hias mahar, setiap satu buah mahar ia membandrol tarif yang bervariasi, mulai dari Rp350.000 hingga Rp850.000 tergantung tingkat kerumitan maharnya.

Ia mengaku, menjadi penyedia jasa hias mahar ini sudah sejak lima tahun yang lalu dan sudah mempunyai pelanggan-pelanggan dari berbagai daerah.

"Dari Kerek, Montong, Tuban bahkan luar Tuban ada yang memesan untuk menghiaskan maharnya di sini," tambahnya.

Sementara ini, ia menggunakan uang asli, namun ke depan rencananya akan menghias mahar dengan uang mainan atau uang asli tergantung pemesanya. Dan membiat lebih banyak, sehingga para calon pengantin tinggal memilih yang cocok. [hud/col]