Camat Tambakboyo Programkan KUR untuk Petani Bawang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dengan meningkatkan hasil pertanian, Camat Tambakboyo bekerjasama dengan BRI Unit Tambakboyo, UPTD Pertanian dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Cokrowati dan Sotang, melaksanakan program dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Program dana KUR untuk para petani kecil ini merupakan program awal untuk melakukan penanaman bawang merah, yang mana tanaman tersebut berpotensi bagus di kecamatan setempat.

"Tekstur tanah di Kecamatan Tambakboyo sangat mendukung dan menguntungkan untuk tanaman bawang merah, sehingga program dana KUR ini dimulai di Desa Cokrowati dan Sotang," ungkap Camat Tambakboyo, Didik Purwanto saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Masih kata Didik, program ini diperuntukan kepada petani-petani kecil, yakni petani yang luas lahanya hanya kurang dari setengah hektar.

Ia menambahkan, pada program ini sudah terdapat sekitar 40 petani di Desa Cokrowati dan Sotang yang telah mengajukan dana KUR di BRI terdekat. Dengan nilai pinjaman 25 juta kepada setiap petani.

"Pinjaman itu, diberi tempo selama enam bulan, untuk dikembalikan dengan bunga satu juta," tambahnya. [hud/rom]