Nikmati Segarnya Air Sendang Beron

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kabupaten Tuban, yang akrab dengan sebutan Bumi Wali terkenal memiliki beberapa destinasi wisata alam sumber air alami. Seperti keberadaan Sendang Beron yang terletak di Dusun Beron, Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel.

Lokasi Sendang Beron ternyata cukup strategis dan memiliki akses memadai. Dari arah Tuban, cukup mengambil jalur Pakah-Rengel dengan jaraj tempuh kurang lebih 30 km. Cukup efisien bila menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara itu tdak perlu khawatir, bagi anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi dapat memanfaatkan transportasi umum seperti bis. Untuk ongkos kendaraan umumpun cukup berfariatif, bagi pelajar dan anak-anak tidak sampai Rp10.000 sedangkan kategori dewasa dipatok dua kali lipat dari pelajar dan anak-anak.

Memasuki kawasan Kecamatan Rengel, perhatikan laju kendaraan. Mengerti lokasi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rengel? yang juga berada di Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel. Tepat di seberang sekolah menengah berbasis islam tersebut keberadaan sendang yang menjadi tujuan wisata kali ini.

Sendang Beron yang memiliki luas sekitar 8 hektare tersebut menjorok kebawah, sehingga lebih rendah dari badan jalan. Untuk melihat penampakan sendang, anda perlu berhati-hati saat melewati jalan sempit beraspal. Memasuki area sendang, suasana cukup menenangkan. Beberapa pohon tumbuh tinggi dan rindang. Hampir lokasi yang berdekatan dengan jalan raya tersebut serasa teduh.

Tidak dapat dipungkiri, Sendnag Beron selama ini mashyur akan keberlimpahan air. Terbukti sepanjang masa sumber air tidak pernah susut. Tak pelak hal demikian yang dimanfaatkan air sendang oleh beberapa pihak. Diantaranya Warga sekitar lokasi sendang saban hari mengunakan air untuk kebutuhan mandi dan mencuci dan memasak.

Masih di sekitar sendang, terdapat pompa air berkapasitas besar tentunya milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Menurut warga sejak awal 1980 PDAM sudah menancapkan pipan sedot air di sendnag tersebut.

"Sekitar tahun 1982 PDAM sudah menyedot air dari sendang Beron. Sementara bangunan yang ada di sendang belum ada perbaikan dan fasilitas memadai," kata warga setempat, Yadi (42) kepada blokTuban.com

Seperti sendang pada umumnya, terdapat beberapa petak kolam terbuka di Sendang Beron. Salah satunya digunakan untuk kolam mandi, sumber pipa penyedot dan terpisah petak untuk kaum perempuan mandi dan mencuci baju. Bangunan petak kolam merupakan dinding terbuka tanpa atap.

"Kalau mau renang sepuasnya kesini dan tidak usah bayar karcis," kata salah seorang pengunjung, Imam Buqhori (16). [dwi/ito]