Pilkades Serentak 36 Desa, Anggaran Capai 1 M Lebih

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2016, yang jatuh pada 8 Desember mendatang memakan biaya yang tidak sedikit, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pesta demokrasi di tingkat desa tersebut, di tahun ini hanya diikuti sebanyak 36 desa dari 16 kecamatan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Tuban Mahmudi menyatakan, bahwa anggaran untuk Pilkades serentak 2016 mencapai 1 miliar lebih. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi 36  desa yang akan melaksanakan Pilkades.

"Benar memang anggarannya mencapai 1 M lebih," kata Mahmudi kepada blokTuban.com, Jumat (5/8/2016).

Selanjutnya, pria berkacamata itu menjelaskan, anggaran sekian tersebut akan diprioritaskan untuk pengadaan bilik suara, surat suara, rapat panitia harian dan juga kegiatan saat menjelang pelaksanaan Pilkades. Jadi, kata Mahmudi, memang dana yang dianggarkan untuk Pilkades serentak cukup banyak, karena dana tersebut diperuntukkan bagi pelaksanaan Pilkades di 36 desa.

"Semoga dengan anggaran yang telah ditetapkan tersebut tidak menjadi kendala dalam tahapan pelaksanaan Pilkades," pungkasnya. [nok/rom]