Camat Rengel Bakal Usulkan Pengadaan Pompa Sedot Air

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam kurun waktu dua bulan ini beberapa lahan persawahan di Kecamatan Rengel terendam banjir. Kendati saat ini tidak terdapat tanaman, camat setempat, M Mahmud akan mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban untuk dibantu pengadan pompa sedot air.

Menurut mantan Camat Jenu ini, pihaknya sebelumnya telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes) Se-Kecamatan Rengel. Dalam kesempatan itu dihasilkan perencanaan untuk pengadaan pompa air.

"Langkah kami kedepan akan mengusulkan hasil Musrembangdes kepada Pemkab. Genangan selama dua bulan lebih ini untuk mempercepat masa tanam," kata bapak tiga anak ini, Selasa (1/3/2016).

Diusulkannya pompa penyedot, lanjut Mahmud agar air yang menggenang lekas surut dari lahan persawahan warga. Akan tetapi diadakannya pompa sedot dengan syarat pembuangan ada dan normal ketika bengawan surut.

Seperti diketahui area persawahan yang tergenang berada di beberapa desa di Kecamatan Rengel. Diantaranya di Desa Sawahan, Karangtinoto, Bulurejo, Kanorejo, Ngadirejo dan sebagian sumberejo.

Selain area sawah, air juga menggenangi sebagian ruas jalan penghubung antara Desa Sawahan dan Kanorejo dengan panjang genangan sekitar 100 meter dan kedalaman kurang lebih 30 centimeter. Kendati air menggenangi area persawahan dan sebagian ruas jalan, namun tidak sampai masuk ke permukiman warga. [dwi/col]