Butuh 300 Orang untuk Bersihkan Kota

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com – Tidak sedikit orang yang ditugaskan untuk membersihkan dan menjaga keindahan Kota Tuban. Sebab, ada sekitar 300 orang yang setiap saat menyapu, memungut sampah dan mengumpulkan ke tempat penampungan.

Data yang dihimpun blokTuban.com, Kamis (26/11/2015) menyebutkan, total petugas kebersihan di bawah naungan Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkab Tuban ada 328 orang. Mereka yang mengurus kebersihan dan pertamanan. Rinciannya, 28 pegawai Kantor, 211 Petugas Kebersihan, 51 petugas pertamanan dan 38 petugas fasilitas umum.

"Namun tidak semua kita terjunkan di lapangan dalam upaya kebersihan, hanya apabila ada volume sampah yang meningkat signifikan maka akan ada kerja bakti/gotong royong untuk membersihkan agar cepat selesai," kata Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Lilik Subiyanto.

Diterangkan, jika pihaknya ekstra ingin mewujudkan kebersihan dan keindahan di fasilitas umum yang ada di Bumi Wali, sebutan Kabupaten Tuban. "Saat ini ada 300 Petugas kebersihan lapangan yang siap membersihkan sampah di setiap sudut kota, tentunya itu tidak dilakukan setiap hari," sambungnya.

Sampah biasanya akan menumpuk setelah adanya kegiatan yang melibatkan orang banyak. Seperti beberapa waktu lalu saat ada konser di Alun-alun Kota Tuban, pawai dan lain sebagainya. [nok/mad]