Lawan Pembalak Liar, Tebar 2 Kwintal Bibit

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hutan di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, sudah hampir hilang. Penyebab utamanya ditengarai karena pembalakan liar yang bertambah marak dan sulit ditangkal. Hal itu membuat Perum Perhutani KPH Tuban menebarkan begitu banyak bibit untuk selanjutnya ditanam.

Data yang diterima blokTuban.com, sejak lima bulan terakhir, Perhutani KPH Tuban, tepatnya di Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Simbatan, Kecamatan Kerek sudah menebarkan bibit pohon sebanyak dua kuwintal. Bermacam-macam jenis yang disemai, mulai mahoni, juar, sengon buto, jati dan flamboyan.

Tampak, kesibukan di pembibitan yang ditangani KRPH Simbatan di Dusun Simbatan, Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Tuban. Setiap hari, perawatan terus dilakukan untuk menjaga bibit tumbuh dan cepat berkembang.

Pengelola tempat persemaian, Kasmari (40) mengatakan, jika bibit ditanam pada musim penghujan. Setelah tumbuh, akan langsung dipindah ke lokasi yang gundul untuk kembali menghijaukan kawasan kritis di Kecamatan Kerek.

"Kawasan hutan di Kecamatan Kerek sudah hampir hilang karena pembalakan liar. Dari dulu sampai sekarang, pencurian kayu masih terus berlangsung," terangnya.

Menurutnya, jika bibit nanti akan ditanam oleh Perhutani yang dibantu warga sekitar, termasuk penjaga persil. Dengan begitu, harapan hutan kembali hijau dan lestari bisa terjaga sampai anak cucu. [hud/mad]