LKSA Tunas Melati Tuban Sabet Medali di Al-Maun Award 2024

blokTuban.com - Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur mengadakan Al-Maun Award 2024 di Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) pada Sabtu, 10 Agustus 2024. 

Acara ini bertema “Meningkatkan Kemandirian, Menggali Prestasi, untuk Mewujudkan Panti Asuhan Berkemajuan” dan diikuti oleh 1.000 peserta yang terdiri dari 750 anak yatim serta 250 pengasuh dan pendamping panti asuhan, termasuk dari LKSA Tunas Melati Putra dan Putri Muhammadiyah Tuban.

Sebanyak 38 perwakilan MPKS dari kabupaten/kota di Jawa Timur hadir dalam acara ini, masing-masing membawa Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang mereka wakili. 

Hadir pula Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Agus Taufiqurrohman, Wakil Ketua PWM Jatim M. Khoirul Abduh, Muhammad Sholihin Fanani, Bendahara PWM Jatim Zainul Muslimin, dan Ketua MPKS Hudi Nurwulan.

Agus Taufiqurrohman memberikan penghargaan atas pelaksanaan Al-Maun Award 2024 oleh MPKS PWM Jatim. Menurutnya, warga Muhammadiyah memiliki ciri khas berjiwa Al-Maun, yakni peduli dan memberdayakan kaum lemah serta dhu’afa-mustadh’afin.

Agus juga menyampaikan rekomendasi terkait pelayanan sosial di Muhammadiyah, termasuk pengembangan model pelayanan sosial baru, peningkatan kualitas SDM dalam program kesejahteraan sosial, perbaikan tata kelola pelayanan sosial Muhammadiyah, serta sinergi potensi jaringan internal dan eksternal Muhammadiyah.

"Inovasi dari Muhammadiyah terus dibutuhkan sekaligus memperbaruhi layanan sosial," jelasnya dikutip dari PDM Tuban, Selasa (13/8/2024). 

Al-Maun Award ini juga diramaikan oleh berbagai lomba, expo, pelatihan, dan seminar. Ada 13 kategori lomba yang diadakan, seperti azan, dai, kisah Islami, tartil, tahfiz, nominasi pelatihan membuat video terbaik, stan bazar terbaik, nominasi LKSA berprestasi, nominasi anak berprestasi, nominasi anak berjiwa pemimpin, nominasi pengurus paling inovatif, nominasi pengasuh terbaik, dan nominasi LKSA pelayanan sosial terbaik.

Dalam acara ini, peserta dari LKSA Tunas Melati Muhammadiyah Tuban, Abdul Said Saleh, meraih medali perunggu dalam lomba Tartil tingkat SMP, sementara Safira Jovanka Imroatul Ikrima mendapatkan medali perak dalam kategori kisah Islami tingkat SMA.

Syaiful Athar, Ketua LKSA Tunas Melati Tuban yang akrab disapa Abah Syaiful, memberikan apresiasi atas prestasi anak asuhnya dalam ajang tersebut.

“Meskipun persiapannya terbatas, hasil yang dicapai sangat memuaskan. Semoga keduanya tetap semangat dan terus meraih prestasi,” kata Abah Syaiful.

Abdul Said Saleh, yang meraih medali perunggu, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya, termasuk pendamping dan pengurus LKSA Tunas Melati.

“Alhamdulillah, berkat doa semua pihak, saya sangat bersyukur. Terima kasih banyak,” ungkap Abdul Said dengan rasa syukur.

Pada kesempatan itu, seribu porsi bakso dan seribu sate gule dibagikan melalui Lazismu yang merupakan donasi Bendahara PWM Jatim, Zainul Muslimin. [Ali]

Artikel disadur dari situs pdmtuban. Link artikel asli berjudul "https://pdmtuban.com/2024/08/12/prestasi-anak-lksa-tunas-melati-muhammadiyah-dalam-almaun-award-2024/"