Kebakaran Kandang Sapi di Tuban: Api Malahap Bangunan, 7 Ekor Kambing dan Ayam 10 Ekor

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.comKebakaran melanda sebuah kandang sapi di Dusun Koro, RT 6 RW 5, Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, pada Selasa (13/8/2024). 

Menurut keterangan dari Kabid Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji, insiden ini terjadi sekitar pukul 10.52 WIB.

Kebakaran tersebut pertama kali dilaporkan oleh Muhammad Arifin kepada petugas Damkar. 

"Tim pemadam kebakaran segera merespons laporan tersebut dan tiba di Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) pada pukul 11.04 WIB dengan mengerahkan satu unit fire truck dari Pos Induk (Mako) dan satu unit fire truck dari SIG," kata Sutaji kepada blokTuban.com, Selasa (13/8/2024). 

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.40 WIB, dan proses pembasahan dilanjutkan hingga pukul 12.35 WIB untuk memastikan tidak ada api yang tersisa. 

Kebakaran ini menghanguskan bangunan kandang seluas 8 x 8 meter milik Suwardi. Penyebab kebakaran diduga berasal dari bediang.

Akibat kebakaran ini, kerugian diperkirakan mencapai Rp 27.000.000,00. Selain bangunan kandang, kebakaran ini juga mengakibatkan tewasnya tujuh ekor kambing dan sepuluh ekor ayam. 

"Meski begitu, aset yang berhasil diselamatkan termasuk empat ekor sapi, dengan total nilai yang diperkirakan mencapai Rp 60.000.000," Imbuhnya. 

Pihak Damkar mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam penggunaan bediang dan memastikan sumber api dalam keadaan aman untuk mencegah kebakaran serupa terjadi di masa depan. [Ali/Rof]