Guncangan Gempa Tektonik Terasa di Malang, Blitar, dan Lumajang

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sebuah gempa tektonik mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur, dan sekitarnya pada Selasa pagi, tepat pukul 10.03 WIB. 

Menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut memiliki magnitudo 4,9 dengan episenter yang terletak pada koordinat 9.18° LS dan 112.59° BT. 

Titik gempa berada di laut, sekitar 115 km di tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 57 km.

Rully Oktavia Hermawan, Kepala Stasiun Geofisika Pasuruan, menyatakan bahwa gempa tersebut termasuk kategori gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas subduksi di kawasan tersebut.

"Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini adalah jenis gempa dangkal akibat subduksi," jelasnya.

Guncangan gempa terasa di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Malang dengan intensitas III-IV MMI, di mana gempa dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, beberapa di luar rumah, dan menyebabkan kerusakan ringan seperti pecahnya gerabah serta derikan pada jendela atau pintu.

Di Blitar, gempa terasa dengan intensitas III MMI, sementara di Jember dan Lumajang, getarannya hanya dirasakan oleh sedikit orang dengan intensitas II MMI.

Sejauh ini, belum ada laporan terkait kerusakan akibat gempa tersebut. BMKG juga melaporkan bahwa hingga pukul 10.40 WIB, tidak terdeteksi adanya aktivitas gempa susulan.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang belum tentu benar. [Ali/Rof]