Lima Komisioner Baru KPU Tuban, Dari Wartawan hingga Mantan Komisioner Bawaslu

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Para pemimpin Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban telah dipilih dan akan menjabat untuk periode 2024-2029 setelah KPU RI mengumumkannya pada Kamis, 13 Juni 2024, melalui surat bernomor 70/SDM.12-Pu/04/2024.

Kelima komisioner yang terpilih termasuk satu orang lama di KPU Tuban yaitu Zakiyatul Munawaroh dari Kecamatan Rengel.

Empat lainnya adalah wajah baru yaitu Gunawan Wihandono dari Kecamatan Rengel, Agus Umar Faruq dari Singgahan, Ulil Abror Al Mahmud dari Senori, dan Saiful Anwar dari Tambakboyo.

Para komisioner yang terpilih ini memiliki latar belakang beragam, seperti Ulil Abror Al Mahmud yang merupakan mantan komisioner Bawaslu Tuban.

Sementara Gunawan Wihandono adalah seorang wartawan sekaligus mantan Panwascam Rengel, Agus Umar Faruq adalah mantan PPK Kecamatan Singgahan, dan Saiful Anwar adalah mantan staf KPU Tuban.

Seperti pada seleksi penyelenggara pemilu lainnya, semua komisioner yang terpilih memiliki latar belakang dari organisasi mahasiswa ekstra kampus, termasuk Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Saat ini, kelima calon komisioner KPU Tuban sedang dalam perjalanan menuju Jakarta untuk mengikuti prosesi pelantikan oleh KPU RI. [Dwi/Ali]